@GadgetGaul percaya sebagian besar dari Gadgeteers yang menggunakan smartphone paling tidak pernah mendengar kalau bukan telah aktif menggunakan KakaoTalk, sebuah aplikasi messenger gratis dengan logo yang dominan dengan warna kuning dan cokelat. Aplikasi messenger yang tersedia untuk pengguna iPad, iPhone, Android, Bada dan Windows Phone ini konon merupakan aplikasi messenger yang sangat populer di Korea Selatan. Seberapa populer? Inilah dia..

KakaoTalk mengklaim aplikasi mereka digunakan oleh lebih dari 90% pengguna smartphone di Korea Selatan. Bagaimana rasanya menjadi pengguna smartphone di Korea Selatan yang tidak menggunakan KakaoTalk? Rasanya kurang lebih seperti mereka yang tidak menggunakan Blackberry Messenger (BBM) di Indonesia sekitar 1-2 tahun lalu atau mungkin lebih menyedihkan karena sebenarnya populasi pengguna Blackberry Messenger (BBM) di Indonesia sekitar 1-2 tahun lalu tidak sampai 90% pengguna smartphone di Indonesia. Begitu populernya KakaoTalk di Korea Selatan sehingga pengguna smartphone di sana terbiasa menggunakan kalimat “KaTalk me!” sebagai pengganti kalimat “Text me!”.

KakaoTalk-Time-Occupy-GG

Apprank mengumpulkan data dari 2.5 juta pengguna Android di Korea Selatan dan salah satu hasilnya menunjukkan bahwa pengguna Android di Korea Selatan paling banyak menghabiskan waktunya untuk menggunakan aplikasi messenger KakaoTalk lalu disusul dengan aplikasi messenger LINE di posisi kedua dengan presentase angka yang terpaut lumayan jauh.

Berbicara mengenai Korea Selatan, belum lengkap tanpa membahas K-Pop. KakaoTalk mengklaim aplikasinya digunakan juga oleh para bintang K-Pop seperti Girl’s Generation, SMTown dan Psy “Gangnam Style”. Pengguna KakaoTalk dari seluruh dunia juga dapat memperoleh update informasi dari para bintang K-Pop tersebut melalui fitur Plus Friend.

K-Pop-KakaoTalk-GG

Kiprah KakaoTalk juga memperoleh sorotan dari dunia. Portal berita teknologi ternama dunia, CNET pada Oktober 2012 menempatkan KakaoTalk sebagai aplikasi sms gratis no. 1 dunia mengalahkan PingChat di no. 2, LiveProfile di no. 3, Kik di no. 4 dan Google Voice di no. 5. Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama pada suatu pidato resmi di Hankuk University yang diunggah pada 26 Maret 2012 silam sempat menyebut KakaoTalk.

KakaoTalk yang didirikan di Korea Selatan pada Maret 2010 hingga kini telah memiliki 73 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia yang mengirim lebih dari 4.1 milliar pesan setiap harinya. KakaoTalk memiliki beberapa game yang terintegrasi dengan messengernya di mana telah diunduh 82 juta kali dalam waktu kurang dari 3 bulan sejak peluncurannya dan 77% pengguna smartphone di Korea telah mengunduh minimal sebuah Kakao Game.

KakaoTalk-Game-Anipang-GG

KakaoStory, suatu aplikasi layanan yang memungkinkan para pengguna KakaoTalk untuk berbagi foto dan cerita, telah diunduh oleh 10 juta pengguna KakaoTalk hanya dalam waktu 1 minggu sejak peluncurannya dan hingga kini KakaoStory telah digunakan oleh lebih dari 60 juta pengguna KakaoTalk di seluruh dunia.

KakaoTalk menyebut Indonesia sebagai negara pengguna group chat KakaoTalk tertinggi di antara negara-negara Asia Tenggara di mana sebuah pesan yang dikirimkan oleh seorang pengguna KakaoTalk dibaca oleh rata-rata 2.5 pengguna KakaoTalk lainnya. Volume pesan yang dikirim oleh penguna KakaoTalk di Indonesia meningkat drastis (21.4%) pada hari pertama banjir besar Jakarta 17 Januari 2013 silam dibandingkan dengan hari biasa. Angka tersebut bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan volume pesan yang terkirim pada saat hari raya Natal 2012 dan juga tahun baru 2013.

KaTalk-Usage-Indonesia-GG

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.