Meizu baru saja merilis generasi penerus ponsel Android kelas entri mereka, M6s. Berbeda dengan M5s, Meizu M6s menggunakan chipset Samsung yang lebih bertenaga, layar kekinian dengan rasio 18:9, peletakan sensor fingerprint yang unik serta kamera yang lebih baik.

Keseluruhan bodi Meizu M6s terbuat dari metal dengan sandblasted metal finish. Di sisi depan, terdapat panel layar IPS berdimensi 5.7 inci dengan resolusi HD+, 1440 x 720 pixel dan tingkat kecerahan hingga 450 nits. Lapisan kaca yang digunakan sudah 2.5D, sehingga nyaman saat digunakan untuk bernavigasi. Berbeda dari ponsel kebanyakan yang meletakkan sensor fingerprint di sisi belakang ponsel, M6s menyematkannya di sisi kanan bodi, mirip seperti beberapa flagship Sony Xperia terbaru. Penempatan seperti ini cukup praktis, meski mungkin untuk sebagian orang perlu membiasakan diri terlebih dahulu.

m6s_1

Yang tidak kalah menarik, Meizu M6s ditenagai oleh chipset rilisan terbaru dari Samsung, yaitu Exynos 7872. Chipset ini menggunakan arsitektur CPU hexa-core — dua inti Cortex A72 2.0GHz serta empat inti Cortex-A53 1.6GHz untuk efisiensi daya. GPU yang digunakan adalah Mali-G71 MP3, dan dibuat dengan proses fabrikasi 14nm FinFET. Menjadi ponsel pertama yang menggunakan chipset terbaru Samsung tersebut, M6s dirilis dengan RAM 3GB serta pilihan penyimpanan internal 32GB & 64GB.

Untuk kemampuan fotografi, Meizu M6s memiliki kamera beresolusi 16 Megapixel dengan aperture f/2.0 di sisi belakang, ditemani LED flash. Di sisi depan, terdapat sebuah kamera 8 Megapixel dengan facial enhancement technology untuk meningkatkan kualitas foto selfie. Kapasitas baterai yang dimiliki M6s berukuran 3000 mAh dengan dukungan fast charging melalui port USB-C. Meizu mengklaim cukup memerlukan waktu 15 menit untuk isi daya 30% dan 52% hanya dalam 30 menit.

m6s_2

Menggunakan OS Flyme 6.2, Meizu memperkenalkan fitur AI yang mereka sebut dengan One Mind engine. AI tersebut dirancang untuk meningkatkan performa dan menurunkan konsumsi daya secara otomatis selama penggunaan. Hilangnya tombol fisik mBack di sisi depan digantikan dengan sebuah tombol virtual berbentuk bulat yang Meizu sebut Super mBack. Cukup disentuh satu kali untuk kembali ke menu sebelumnya, tekan untuk kembali ke home, tahan untuk mematikan layar, geser ke kiri dan kanan untuk berpindah aplikasi dan lainnya. Jika dirasa membingungkan, tersedia opsi untuk mengganti tombol tersebut dengan tiga tombol kapasitif virtual khas Android pada umumnya.

m6s_3

Meizu M6s akan mulai dijual secara online di Tiongkok pada tanggal 19 Januari 2018 mendatang. Dengan harga mulai dari CNY999 atau setara Rp2.07 jutaan, M6s dijual dalam empat varian warna; Black, Silver, Gold dan Blue.

Via gsmarena.com

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.