Salah satu ponsel paling ditunggu banyak penggemar gadget di seluruh dunia pada penghujung tahun 2012, iPhone 5 tidak luput dari banyaknya keluhan bahkan ada yang menjadi lelucon. Apple pun tidak tinggal diam dan aktif menanggapi beberapa keluhan tersebut. Inilah 5 keluhan seputar iPhone 5 dan iOS 6 yang sering disorot media dan cara Apple menanggapinya :

1)   Goresan iPhone 5 Hitam

iPhone 5 Scratch via GadgetGaul.comgambar kiri via BGR.com; gambar kanan via ITPortal.com

Beberapa pembeli melaporkan bahwa badan belakang iPhone 5 warna hitam yang mereka beli telah tergores sejak mereka buka kardus untuk pertama kalinya dan sebagian lagi melaporkan badan belakang ponsel baru Apple warna hitam itu sangat mudah tergores dalam penggunaan sehari-hari.

Berbeda dengan generasi iPhone sebelumnya, badan belakang iPhone 5 menggunakan bahan alumunium untuk memperoleh bobot yang lebih ringan, ramah lingkungan dan menghindari retakan kaca yang digunakan pada badan belakang iPhone sebelumnya. Aluminium yang digunakan oleh Apple pada ponsel baru ini hanya dicat hitam dan tidak dilapisi bahan apapun lagi di atasnya sehingga logam yang relatif lunak ini dapat dengan mudah tergores saat bersinggungan dengan kunci atau sejenisnya lalu menampakan warna alaminya sebelum dicat, warna perak.

Tanggapan Apple :  Hingga kini Apple belum secara resmi memberikan tanggapan atas masalah ini namun salah satu pembeli iPhone 5 hitam yang juga mengalami masalah goresan ini mengirim email ke Apple dan memperoleh jawaban langsung oleh Senior Vice President Marketing, Phil Schiller. Menurut Phil, hal tersebut normal karena semua produk yang terbuat dari aluminium memang dapat tergores dalam penggunaannya lalu menampakan warna perak yang merupakan warna alami aluminium.

Beberapa minggu lalu, ribuan pekerja pembuat iPhone 5 di pabrik Foxconn di ZengZhou, Tiongkok melakukan unjuk rasa memprotes kenaikan standar kualitas yang tiba-tiba yang membuat mereka bekerja di bawah tekanan yang lebih besar dibandingkan produksi iPhone sebelumnya. Bloomberg melaporkan mereka yang bekerja di bagian pembuatan casing aluminium memperoleh tekanan yang lebih intensif.

2)   Bocoran Cahaya iPhone 5 putih

Bocoran Cahaya pada iPhone 5 putih via GadgetGaul.comgambar via BGR.com

Pembeli iPhone 5 warna putih juga tidak lepas dari masalah. Beberapa pembeli melaporkan adanya cahaya putih yang bocor di bagian atas-depan antara kaca depan dan aluminium atas ponsel tersebut. Cahaya putih yang bocor tersebut diakibatkan oleh adanya celah kecil dekat dengan tombol power.

Bocoran cahaya putih kecil pada bagian atas-depan akibat adanya celah kecil itu hanya dapat terlihat jelas saat iPhone 5 putih digunakan dalam ruangan gelap atau sedikit cahaya dan tidak terlihat saat ponsel tersebut digunakan pada ruangan yang terang.

Tanggapan Apple :  Beberapa pembeli iPhone 5 putih yang mengalami masalah ini telah mengajukan laporan ke Apple Store dan memperoleh ganti ponsel baru. Salah seorang yang telah menerima ganti ponsel baru dari Apple ini mengatakan bahwa ponsel penggantinya tetap memiliki masalah yang sama.

3)  Bias cahaya ungu pada hasil foto kamera iPhone 5

Purple Fringing on iPhone 5 via GadgetGaul.comgambar via Gizmodo.com

iPhone 5 memiliki permukaan kamera revolusioner yang tidak lagi terbuat dari kaca  melainkan kristal safir yang merupakan material tembus pandang kedua terkuat setelah berlian. Dengan bahan kristal safir ini, Apple menjamin permukaan kamera iPhone 5 tidak akan mudah tergores.

Beberapa waktu lalu banyak bermunculan keluhan hasil foto kamera iPhone 5 dalam kondisi sangat terang akan menghasilkan cahaya ungu di sekitar sumber cahaya. Hasil foto kamera iPhone 5 ini pun dibandingkan dengan hasil foto kamera iPhone sebelumnya dan alhasil penggunaan kristal safir pada permukaan kamera ponsel ini pun sempat menjadi kambing hitam penyebab munculnya warna ungu pada hasil foto tersebut.

Tanggapan Apple : Bias cahaya ungu pada foto tersebut adalah hal normal bagi kamera iPhone 5. Untuk mengatasinya, cukup dengan menggeser sedikit sudut foto yang kita ambil dari sumber cahaya tersebut.

4)   Garis cacat tampilan layar iPhone 5

Screen glitch on iPhone 5 via GadgetGaul.comgambar via Youtube.com

Sebuah garis horisontal akan muncul membentang pada sepanjang papan ketik saat kita akan memasukkan kata sandi Apple ID setelah kita memutuskan untuk mengunduh aplikasi dari AppStore. Masalah ini terungkap setelah beberapa minggu lalu seseorang mengunggah video yang mengungkapkan masalah ini ke Youtube.

Penemu masalah ini tidak menyebutkan masalah ini sebagai masalah perangkat keras iPhone 5 namun masalah kecil pada perangkat lunak yang (semoga saja) diselesaikan Apple pada update iOS berikutnya.

Tanggapan Apple :  Hingga saat artikel ini ditulis, Apple belum memberikan penjelasan apapun mengenai masalah ini.

5)  Peta Digital Apple yang Berantakan

Apple Maps Disaster via GadgetGaul.comgambar via Mashable.com

Ketika Apple meluncurkan iPhone pertama kali tahun 2007, ada setidaknya 3 komponen standar iOS yang bergantung pada Google, yakni  Youtube, Google Maps dan Web Search. Tahun 2012 ini melalui iOS 6, Apple berhasil melepaskan 2 dari 3 ketergantungan tersebut yaitu Youtube dan Google Maps. Sebagai ganti Google Maps, Apple membuat sendiri Apple Maps yang merupakan ide dari mendiang Steve Jobs dan saat ini kualitasnya menjadi masalah besar hingga menjadi bahan ejekan dari para pesaing.

Tanggapan Apple :  Beberapa waktu lalu Apple melalui CEO mereka, Tim Cook telah menyampaikan permintaan maaf kepada publik atas ketidaknyamanan yang dialami konsumen saat menggunakan Apple Maps. Tim Cook juga mengatakan selagi mereka memperbaiki kualitas Apple Maps tersebut, pengguna iOS 6 dapat menggunakan peta alternatif dengan mengunduh aplikasi peta dari AppStore seperti Bing, MapQuest dan Waze. Alternatif lain yang dapat konsumen lakukan adalah menggunakan Google atau Nokia Maps melalui web mereka masing-masing dan membuat sebuah ikon pada home screen agar dapat mengakses aplikasi peta di web dengan mengklik ikon tersebut.Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.