Saat ini, penggunaan penyimpanan data di cloud storage sedang marak-maraknya menjadi kampanye utama dari beberapa perusahaan teknologi. Microsoft dengan SkyDrive, Google dengan GoogleDrive, dan Apple dengan iCloud. Namun, sepertinya banyak orang belum menggunakan layanan cloud storage tersebut. Padahal, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaannya. Beberapa diantaranya adalah:

1) Kolaborasi
Berkolaborasi di sini diartikan sebagai bekerja secara bersama-sama. Ya, di lingkungan perkantoran, cloud storage dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk berkolaborasi antar sesama karyawan. Ketika dulu penulis bekerja di salah satu e-commerce fashion terkenal di Indonesia, penulis dan teman-teman kantor memanfaatkan cloud storage untuk saling bertukar pikiran dan ide. Sehingga, pekerjaan yang dilakukan dapat lebih efektif dan cepat selesai.

2) Back-up Data Penting
Kita seringkali menyimpan data-data penting kita di dalam pc, laptop, harddisk eksternal, maupun gadget lainnya. Namun pernahkah terpikir dalam benak Anda, bagaimana jika data tersebut hilang? Ya, alat elektronik sangatlah rentan terhadap kerusakan. Belum lagi ancaman virus yang dapat merusak ataupun menghilangkan data kita. Dengan mengunggah data-data penting kita ke layanan cloud storage, kita tidak perlu khawatir lagi kehilangan data-data penting yang kita miliki. Sangat berguna bagi para eksekutif kantoran, mahasiswa (bahan-bahan skripsi hilang adalah kasus yang paling sering terjadi), maupun pelajar yang masih sekolah (nyimpen foto pacar mungkin? :p).

3) Alat Berbagi
Layanan cloud storage dapat kita gunakan untuk membagi file yang kita punya kepada orang lain. Ya, fungsi yang sering kita temui di layanan file sharing seperti Mediafire maupun 4shared ini juga dapat dijumpai di cloud storage. Lebih asyiknya lagi, cloud storage memiliki fungsi auto-synchronize yang tidak dimiliki oleh layanan file sharing sehingga kita tidak perlu repot-repot menggunggah file yang akan disebarkan.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Patut dicatat, untuk menggunakan layanan cloud storage secara maksimal kita harus terhubung ke jaringan internet secara berkesinambungan. Mungkin ini adalah salah satu kelemahan yang dijumpai di Indonesia, mengingat tidak semua orang memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil.

featured image via technovalley.in

Askar JuaraAskar-Juara-GadgetGaul
Mahasiswa jurusan Kriminologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Memiliki minat dalam bidang teknologi informasi, khususnya di perkembangan komputer dan gadget. Penulis juga aktif di subforum Hardware Computer di forum Kaskus. Kamu bisa follow Twitter penulis di @juarazr

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.