Ketertarikan Line di bidang kecerdasan buatan dan perangkat keras ditunjukkan dengan merilis perangkat speaker pintar atau smart speaker bernama Wave. Kepintaran Wave tak lain karena di dalamnya tertanam teknologi kecerdasan buatan bernama Clova yang sempat dipamerkan beberapa waktu yang lalu oleh Line.

Wave diperkenalkan pertama kali di ajang Line Conference 2017 yang bertempat di Tokyo, Jepang markas besar Line sendiri. Berdasarkan apa yang tersaji di depan mata, Wave mengingatkan kita pada Amazon Echo ataupun Google Home. Apalagi fungsi dan desainnya hampir menyerupai kendati dengan beberapa faktor pembeda.

Line Wave

Seperti Google Home dan Amazing Echo, Wave buatan Line juga bisa menjadi asisten pribadi, teman ngobrol, sekaligus pemutar musik dengan bantuan AI Clova di dalamnya.

“Wave bisa menangani percakapan kasual, menjawab pertanyaan random tentang musik dan hiburan,” ujar Jun Masuda, Director and CSMO Line.

Wave juga mempunyai kemampuan untuk terintegrasi dan terhubung dengan perangkat smart home lainnya, sepeti mengendalikan TV pintar dan perangkat pintar di rumah yang tersambung ke internet, misalnya mematikan lampu, menghidupkan alarm dan lain sebagainya.

line wave smart speaker

Dari faktor bentuk,Wave mempunyai dua tweeter berukuran 1 inci yang mempunyai kekuatan daya 1 watt dan satu buah subwoofer berukuran 2,5 inci dengan kekuatan 20 watt. Bobot totalnya sendiri tak lebih dari 998 gram dengan desain mengerucut yang unik. Jeroannya ditenagai Qualcomm APQ8009 yang mengemas empat buah inti prosesor berkecepatan 1,3GHz.  Sebagai informasi, prosesor ini sudah sejak lama menjadi pilihan dapur pacu oleh sejumlah pabrikan tablet PC.

Dukungan lainnya, Wave mempunyai komponen RAM DDR3 dengan kapasitas 1 GB, penyimpanan internal 8 GB, penopang daya berupa baterai sebesar 5.000 mAh, Bluetooth, dan WiFi 802.11 b/g/n.

Line membuka pre-sale Wave dengan banderol 10.000 yen atau setara dengan Rp1.2 juta-an mulai bulan Juni 2017. Sedangkan penjualan secara publik baru akan dibuka mulai bulan September 2017 mendatang dengan harga 15.000 yen atau setara dengan Rp1.8 juta-an.

via Theverge.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.