Nama Carl Zeiss sudah lama dikenal banyak orang di seluruh dunia sebagai merek lensa berkualitas tinggi buatan Jerman. Lensa Carl Zeiss hadir tidak hanya pada kamera ponsel dan professional namun juga banyak digunakan untuk lensa kaca mata, teropong dan mikroskop. Dalam 1-2 dekade terakhir, NASA juga memberikan kepercayaan kepada Carl Zeiss sebagai lensa untuk pengambilan gambar objek luar angkasa. Kenapa Carl Zeiss merasa perlu mengganti nama?

Carl_Zeiss_Worskhop_1846-GGgambar via corporate.zeiss.com

Carl Zeiss berasal nama pendiri perusahaan tersebut dan merupakan bagian dari sebuah perusahaan berbendera Jerman yang bernama Carl Zeiss AG yang sebelumnya bernama Carl Zeiss Jena yang berdiri pada tahun 1846. Jena sendiri merupakan nama sebuah kota di Jerman di mana Carl Zeiss pertama kali beroperasi.

Sepeninggal pendirinya pada tahun 1888, perusahaan yang dibangun oleh Carl Zeiss ini tetap terus beroperasi hingga terpecah menjadi 2 perusahaan seusai perang dunia kedua dan mulainya perang dingin di mana Jerman terbagi menjadi 2 bagian : Jerman Barat dan Jerman Timur. Markas Carl Zeiss Jena di Kota Jena berada dalam wilayah kekuasaan Soviet. Sebagian karyawan yang tidak ingin menjadi bagian dari Soviet memutuskan untuk pindah ke kota yang dikuasai oleh tentara Amerika lalu mendirikan ulang perusahaan & pabrik di sana dan menamakannya Carl Zeiss Oberkochen.

Carl_Zeiss_Logos_GGgambar via blogs.zeiss.com

Mulai musim semi 1953 Carl Zeiss Oberkochen dan Carl Zeiss Jena beroperasi bersamaan sebagai perusahaan yang berbeda. Masalah kemudian terjadi ketika Carl Zeiss Oberkochen menghilangkan tulisan “Jena” pada lensa mereka. Carl Zeiss Jena membawa masalah ini ke pengadilan hak paten dan baru selesai sekitar 18 tahun kemudian. Kasus Carl Zeiss ini menjadi kasus pengadilan terpanjang dalam sejarah Jerman Timur.

Pada tahun 1971 kedua perusahaan mencapai suatu kesepakatan yang terkenal dengan nama London Agreement yang memutuskan bahwa logo, merek dagang dan perusahaan yang menggunakan nama Carl Zeiss di Jerman Barat dan Jerman Timur harus secara jelas berbeda satu sama lainnya. Sebagai tambahan, tulisan “Carl” juga harus dihapus pada logo perusahan Carl Zeiss di Jerman Barat.

Ketika Jerman Barat dan Jerman Timur bergabung pada tahun 1991, kedua perusahan ini pun turut bergabung. Sekitar 2 tahun kemudian mereka membuat desain logo baru yang juga digunakan pada lensa dan tetap mereka gunakan hingga saat ini.

Carl_Zeiss_Phones_GGgambar via conversations.nokia.com

Tahun 2005 untuk pertama kalinya lensa Carl Zeiss digunakan pada sebuah kamera ponsel. Adalah Nokia N90, ponsel yang pertama dengan kamera menggunakan lensa Carl Zeiss tersebut. Pada saat itu resolusi 2MP pada Nokia N90 adalah suatu hal yang mewah pada kamera ponsel. Kemunculan lensa Carl Zeiss selanjutnya pada kamera ponsel adalah pada Nokia N95 dengan resolusi 5MP dan Nokia N8 denga resolusi 12MP. Masing-masing kamera ponsel tersebut adalah kamera ponsel dengan resolusi terbaik di zamannya.

Pada tahun 2012 manajemen Carl Zeiss melakukan penelitian terhadap identitas dan positioning Carl Zeiss. Hasilnya adalah pertengahan 2013 manajemen memutuskan untuk secara konsisten menggunakan hanya kata ZEISS pada lengkungan depan lensa untuk semua jenis produk mereka.

Carl_Zeiss_Lenses_Name_GGgambar via blogs.zeiss.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.