Ketika pertama kali kita membeli ponsel ataupun tablet Android, yang ada di dalam pikiran sebagian besar dari kita pastilah, “Perlu gak sih gue root device gue?” Beberapa orang berpikir seperti itu karena mengerti dan butuh namun ada sebagian orang lagi berpikir seperti itu hanya supaya terlihat mengerti ponsel / tablet Android yang baru dimilikinya itu. Sementara bagi sebagian lagi yang belum mengerti dan ingin belajar, kamu telah datang di tempat yang tepat.

Root adalah user account di sistem operasi Android yang memiliki segala akses. Root user dapat meng-edit apapun di sistem. Demi alasan keamanan, user biasa tidak memiliki semua akses di sistem. Saat kita melakukan rooting di sebuah ponsel / tablet Android, maka kita akan mendapatkan akses untuk membaca dan menulis di sistem di mana sebelumnya tidak dimiliki dan kita juga dimungkinkan untuk menjalankan beberapa perintah di dalam terminal. Nah, root sendiri memiliki beberapa keuntungan dan kerugian, diantaranya:

Keuntungan:

1) Dapat melakukan backup device secara menyeluruh
Dengan melakukan rooting, maka kita dapat melakukan backup terhadap device kita secara menyeluruh, baik backup aplikasi yang terinstall, data yang ada di dalam device, maupun sistem operasi yang kita gunakan pada saat itu. Salah satu aplikasi backup populer, Titanium Backup, mewajibkan penggunanya untuk melakukan root untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut.

2) Dapat mengganti ROM sesuka hati
Karena sifatnya yang open source, sistem operasi Android dapat dimodifikasi sesuka hati sesuai dengan keinginan sang pengembang. Banyak sekali custom ROM yang beredar di internet, sesuai dengan ponsel / tablet Android masing-masing. Nah, untuk mencoba dan mengganti ROM yang kita gunakan dengan ROM yang lainnya, kita harus melakukan root terlebih dahulu.

3)  Dapat mengatur kinerja hardware ponsel / tablet
Jika kita sudah melakukan root, kita dapat memiliki akses untuk mengatur kinerja hardware dari ponsel / tablet Android yang kita miliki. Kinerja ponsel / tablet Android kita kurang? Kita dapat mengganti frekuensi kecepatan prosesor. Main game kurang oke? Kita juga dapat mengganti frekuensi kecepatan GPU (graphic procesing unit). Baterai ponsel / tablet Android kita boros? Tentu saja kita dapat mengubah / menurunkan voltase yang digunakan pada prosesor agar penggunaan daya menjadi lebih hemat.

Kekurangan:

1) Hilangnya garansi resmi
Dengan melakukan root, maka kita sudah menghilangkan garansi yang diberikan oleh vendor ponsel / tablet Android kita. Karena vendor berpikiran bahwa kesalahan yang dilakukan oleh pengguna dalam proses rooting dapat menyebabkan kerusakan fatal yang tidak dapat dicover oleh garansi.

2) Menyebabkan fatal error
Dengan melakukan root, kita dapat mengakses serta memodifikasi file yang ada di dalam sistem. Maka dari itu, jika kita melakukan kesalahan sedikit saja, maka ponsel / tablet Android kita tidak akan berjalan dengan normal. Malah, bisa juga menyebabkan fatal error seperti bootloop, system hang, ataupun yang paling parah adalah device bricked (tidak dapat digunakan sama sekali).

featured image via pocketnow.com

Askar JuaraAskar-Juara-GadgetGaul
Mahasiswa jurusan Kriminologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Indonesia. Memiliki minat dalam bidang teknologi informasi, khususnya di perkembangan komputer dan gadget. Penulis juga aktif di subforum Hardware Computer di forum Kaskus. Kamu bisa follow Twitter penulis di @juarazr

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.