Windows Phone merupakan sebuah sistem operasi mobile yang dimiliki oleh Microsoft. Dengan partner utama produsen ponsel ternama yang sedang redup, Nokia, Windows Phone mencoba mendobrak pasar yang selama ini di dominasi Android dan iOS. Perlahan namun pasti, Windows Phone akan merangkak naik menjadi sistem operasi mobile populer yang mampu bersaing dengan kedua sistem operasi teratas. Saat ini pun, Windows Phone menduduki peringkat ketiga penjualan ponsel kuartal pertama tahun 2013.

Di balik kecanggihannya, Windows Phone memiliki beberapa keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan kompetitornya. Apa sajakah keunikan tersebut? Penulis sudah merangkumnya sebagai berikut:

1) Windows Phone memiliki aplikasi office lengkap dan gratis
Aplikasi Microsoft Office merupakan aplikasi kerja yang sudah sangat populer di masyarakat. Siapa yang tidak kenal Microsoft Word untuk mengetik? Hampir seluruh pengguna komputer yang menggunakan sistem operasi Windows pasti pernah menggunakan Microsoft Office. Nah tahukah Anda jika di ponsel Windows Phone sudah tersedia aplikasi office lengkap tanpa harus membeli lagi? Inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari sistem operasi mobile besutan Microsoft.

2) Menggunakan metode potong pulsa untuk pembelian aplikasi
Dengan menjalin kerjasama dengan beberapa operator telekomunikasi di Indonesia, Microsoft memudahkan pengguna Windows Phone untuk membeli aplikasi dari Store. Tidak seperti Google Play Store atau Apple AppStore yang mewajibkan penggunanya menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, di Windows Phone kita dapat menggunakan pulsa sebagai alat pembayaran untuk membeli aplikasi dari Store. Namun, sementara ini hanya dapat digunakan oleh para pengguna operator Telkomsel (Simpati dan Halo saja, AS belum) dan XL.

3) Tidak menjual spesifikasi ganas
Jika kita sering melihat produsen ponsel Android selalu membanggakan spesifikasi tinggi pada ponselnya, tidak dengan Windows Phone. Spesifikasi hardware pada Windows Phone harus menyesuaikan dengan apa yang diperbolehkan oleh Microsoft. Saat ini ponsel Windows Phone tercanggih, Nokia Lumia 925/928, hanya menggunakan prosesor dual core saja. Namun jangan salah, karena penyesuaian tersebut optimalisasi software menjadi lebih baik. Maka pengguna hampir tidak akan pernah merasakan lag ataupun hang ketika menggunakan ponsel Windows Phone.

4) Windows Phone bukan cuma Nokia
Memang Nokia dengan seri Lumianya merupakan partner utama Microsoft untuk memasarkan Windows Phone. Akan tetapi, masih ada produsen ponsel lain yang juga mengeluarkan ponsel dengan menggunakan Windows Phone, yakni Samsung dengan seri Ativ dan juga HTC dengan seri 8x dan 8s.

Bagaimana gadgeteers, apakah dengan keunikan-keunikan tersebut kamu tertarik untuk mencoba ponsel Windows Phone?

Gambar via venturebeat.wordpress.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr