Dunia baru saja dihebohkan oleh foto selfie dari tiga pemimpin negara, yakni Presiden Amerika Serikat Barrack Obama, Perdana Menteri Denmark  Helle Thorning-Schmidt, dan Perdana Menteri Inggris David Cameron. Banyak orang menganggap, perilaku selfie tersebut sangat tidak etis karena mereka sedang menghadiri sebuah acara untuk mengenang mantan Presiden Afrika Selatan serta pejuang Hak Asasi Manusia, Nelson Mandela. Bagi yang belum melihat fotonya bisa lihat di bawah ini.

obama-selfie
Selain gambar tersebut, ada beberapa gambar yang juga memancing “huru-hara” di media sosial. Gambar tersebut adalah foto di mana terlihat mantan Presiden Amerika Serikat George W Bush foto berdua dengan vokalis U2, Bono. Gambar lainnya adalah rentetan kejadian sebelum acara selfie Obama dan kawan-kawan terjadi. Terlihat pada gambar tersebut Perdana Menteri Denmark mengawali kehebohan ini dengan mengajak ngobrol Obama. Lalu tidak lama kemudian, ia mengeluarkan telepon selularnya setelah akhirnya mengajak Obama serta Cameron untuk mengambil gambar selfie.

BbIsT9ZIQAAsXRj BbJLyP_CYAAIS4l
Tambahkan beberapa kata di foto-foto tersebut, terbentuklah persepsi orang. Itulah fenomena yang terjadi di media sosial. Pada gambar di atas, terlihat ada kata-kata yang mengiringi foto tersebut.

111 111111

Padahal, acara yang dihadiri oleh para pemimpin negara tersebut bukanlah acara pemakaman Nelson Mandela, melainkan acara Nelson Mandela Memorial di mana di dalamnya ada serangkaian acara pesta pora mengingat jasa-jasa yang dilakukan oleh sang penghapus apartheid. Foto-foto mengenai acara tersebut bisa dilihat di sini. Acara tersebut mungkin berdurasi sangat lama dan bukan hal yang mustahil banyak orang yang akan merasa bosan mengikuti rangkaian acara dari awal hingga akhir, tidak terkecuali para pemimpin negara. Pada tweet pertama di mana foto Bush dan Bono dibilang selfie. Jika penulis perhatikan, foto tersebut diambil dari jarak yang cukup jauh. Tidak mungkin mereka berdua melakukan selfie, kecuali tangan dari Bush atau Bono bisa sepanjang itu.

Peristiwa selfie ini mengingatkan kita untuk selalu melakukan pengecekan ulang terhadap suatu kejadian sebelum menanggapinya. Tidak semua informasi yang kita dapatkan dari media sosial itu benar. Ada saja beberapa orang yang ingin memelintirkan fakta yang mengakibatkan makna sesungguhnya berbeda jauh. Gadgeteers, be smart ya! Jangan mau kalah smart sama smartphone mu :p

Gambar via mashable.com dan buzzfeed.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr