Kasus perangkat iOS dan Mac terjebak dalam Lost Mode sedang panas diperbincangkan di tanah air. Menurut Chief Editor MakeMac.com Bagus Hernawan di akun Twitter @bhaguz_403, sudah ada 5 orang yang melaporkan kejadian tersebut dan kebingungan mencari jalan keluar.

Sebenarnya apa sih Lost mode itu? Jadi, lost mode merupakan fitur yang secara resmi dibuat dan dihadirkan oleh Apple untuk perangkatnya. Fungsinya adalah untuk mengunci perangkat jika hilang. Dengan begitu, perangkat tidak akan bisa dipakai oleh orang lain sehingga data-data yang tersimpan tetap aman. Fitur ini dapat diaktifkan melalui aplikasi Find my iPhone ataupun iCloud.com.

Tapi anehnya, pengguna di Indonesia mendapati iPhone dan MacBook-nya tiba-tiba masuk ke mode Lost Mode secara otomatis. Akibatnya, mereka kesulitan mempergunakan perangkat seperti biasanya. Yang lebih aneh, ada beberapa pengguna yang justru tidak pernah sekalipun menyentuh fitur Lost Mode, tapi kena juga. Dan yang sudah pun tetap gagal mengaktifkan perangkat menggunakan kata sandi aslinya.

Karena keanehan ini, sejumlah pihak menduga ada peretas yang berhasil masuk ke perangkat bersangkutan dan mengaktifkan mode Lost Mode dari jarak jauh. Tapi hingga kini masih belum diketahui bagaimana cara peretas bisa melakukan aksi itu.

Setelah terkunci cukup lama, salah satu korban bernama Erika mengatakan bahwa tak lama setelah perangkatnya masuk ke mode Lost Mode, ia mendapati pesan perintah untuk mengirimkan email ke alamat tertentu tapi tak ia penuhi.

3209294051

Untuk kasus di iPhone dan iPad, beberapa korban bisa mematikan Lost Mode itu sendiri melalui icloud.com. Namun, pengguna komputer Mac, khususnya MacBook lebih sulit membuka karena hacker sudah terlebih dulu memasang semacam kode PIN (EFI).

Setelah diusut, email tersebut akan memberikan balasan yang isinya adalah permintaan sejumlah uang jika ingin perangkat bisa diakses seperti sedia kala. Kasus ini hampir sama dengan kasus malware WannaCry yang heboh beberapa waktu lalu.

via Tekno.kompas.com dan Makemac.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.