Kuartal 1 tahun 2012 merupakan kuartal pertama dalam 8 tahun terakhir produsen Blackberry asal Kanada, Research in Motion (RIM) di mana laporan keuangan mereka menunjukan kerugian hingga US$518 juta yang kemudian memaksa mereka untuk melakukan pengurangan jumlah karyawan hingga 5.000 orang untuk menghemat pengeluaran hingga US$ 1 milliar dan menunda rencana peluncuran Blackberry 10 hingga awal tahun 2013 ini.

Setelah melewati perjuangan yang luar biasa berat di tahun 2012 lalu, RIM akhirnya memastikan diri akan meluncurkan 2 jenis ponsel Blackberry 10 pada 30 Januari 2013 secara serentak di beberapa negara sekaligus. Kedua ponsel Blackberry 10 tersebut merupakan rangkaian pertama dari rencana RIM untuk meluncurkan keseluruhan 6 jenis ponsel Blackberry 10 pada tahun 2013 ini.

Dua jenis ponsel Blackberry 10 yang akan meluncur pada 30 Januari 2013 ini adalah Blackberry 10 L-Series yang merupakan ponsel dengan layar sentuh penuh mirip dengan ponsel Android tingkat atas dan Blackberry 10 N-Series yang merupakan ponsel dengan keyboard QWERTY fisik yang dipadu dengan layar sentuh mirip dengan Blackberry Bold 9900.

2-Blackberry-10-GadgetGaulGambar via TheVerge

RIM menyebutkan sekitar 70.000 aplikasi akan tersedia untuk Blackberry 10 di hari peluncurannya pada 30 Januari 2013 mendatang. Sayang beberapa waktu lalu aplikasi chat populer WhatsApp telah memastikan diri tidak akan hadir di Blackberry 10. Menariknya, angka jumlah aplikasi Blackberry 10 tersebut hanya selisih sedikit dengan angka jumlah aplikasi Windows Phone pada tahun 2012 lalu yakni sekitar 75.000 aplikasi padahal Windows Phone rilis jauh lebih awal dibandingkan dengan Blackberry 10.

Tingginya angka jumlah aplikasi yang akan tersedia tersebut merupakan salah satu faktor yang membuat kami optimis akan kesuksesan Blackberry 10 di tahun 2013 ini. Faktor lain yang tidak kalah penting yang membuat kami optimis adalah banyak operator seluler besar menyukai Blackberry 10. Hingga kini setidaknya 3 operator seluler besar Amerika Serikat seperti Verizon, AT&T dan T-Mobile menyatakan minatnya untuk ikut menjual Blackberry 10 pada hari peluncurannya nanti meski masing-masing mereka sebenarnya masih memiliki stok Blackberry yang belum terjual di masa lalu. Meski tidak secara detail, operator seluler besar Inggris Three, Orange dan Vodafone telah menyatakan kesiapannya untuk memasarkan Blackberry 10 pada kuartal pertama 2013 ini.

Kejutan lain juga datang dari blog-blog teknologi terkenal yang biasa menjadi sumber referensi informasi dan ulasan gadget terpercaya bagi banyak pembaca dari seluruh dunia. Dari begitu banyak blog teknologi dunia yang biasa kami kunjungi tersebut, kami menemukan banyak sekali kalau bukan semua artikel yang memiliki sentimen positif mengenai Blackberry 10. Menariknya artikel-artikel positif Blackberry 10 tersebut termasuk ditulis juga oleh blog teknologi terkenal yang biasa mengejek RIM dan Blackberry.

Tanggal 30 Januari 2013 tinggal kurang dari 3 minggu lagi. Salah seorang teman kami yang bekerja untuk RIM Indonesia menyatakan ketidaksabarannya menunggu hari besar itu tiba karena menurutnya semua informasi tentang Blackberry 10 yang telah beredar sejauh ini barulah sebuah bagian yang amat kecil dari kemampuan Blackbery 10 sesungguhnya yang akan ditunjukan RIM pada hari peluncurannya nanti.

Semua analisa di atas itu menurut kami. Kalo menurut kamu sendiri Blackberry 10 bagaimana, Gadgeteers?

featured image via CNET

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.