Berpikir kamera 41 megapixel pada Nokia PureView 808 itu gokil? Bersiaplah untuk terkejut sekali lagi. Sekelompok Ilmuwan dari Universitas Duke dan Universitas Arizona, Amerika Serikat tengah melakukan uji coba dengan membuat kamera dengan potensi resolusi hingga 50 gigapixel atau 50.000 megapixel. Sebagai perbandingan, kamera yang ada saat ini memiliki resolusi berkisar antara 8 hingga 41 megapixel. Seperti apakah kameranya?

Kamera bernama AWARE-2 ini merupakan proyek percobaan senilai US$25 juta atau sekitar Rp240.5 milliar yang didanai oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) sebagai bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Militer Amerika Serikat tertarik untuk memiliki kamera dengan resolusi tinggi untuk pegawasan wilayah udara dan darat dalam waktu dekat dan kamera komersial di masa depan.

Prototipe kamera AWARE-2 saat ini berukuran 0.75 meter x 0.75 meter x 0.5 meter dengan berat 93 kg ini terdiri dari 98 buah kamera kecil yang masing-masing beresolusi 14 megapixel yang disatukan dan mampu memotret hingga sudut pandang 120 derajat horizontal atau 5x lebih lebar dibandingkan kemampuan penglihatan mata manusia normal. Setiap kali memotret, kamera ini dapat menghasilkan gambar dengan resolusi 2.1 gigapixel dan membutuhkan waktu 18 detik mulai dari memotret hingga merekamnya di tempat penyimpanan.

Kerja Kamera 50 Gigapixel AWARE 2 via GadgetGaul.com

Menariknya dengan ukuran sebesar itu, kamera ini hanya memiliki 3% elemen optik. Sisanya adalah komponen elektronik dan prosesor yang digunakan untuk menyatukan informasi yang terkumpul serta komponen tambahan untuk mencegahnya dari panas berlebihan.

Tim ilmuwan menargetkan hingga akhir tahun ini mereka dapat membuat prototipe kamera dengan resolusi 5 hingga 10 gigapixel dan selanjutnya mereka akan mengembangkan protipe kamera dengan resolusi 50 gigapixel.

Tantangan lain bagi ilmuwan Universtas Duke dan Arizona ini adalah mereka harus bekerja untuk membuat komponen elektronik dan pendingin yang jauh lebih kecil serta kemampuan prosesor yang lebih tinggi sehingga kamera ini dapat praktis digunakan oleh fotografer sehari-hari. Mereka berharap pada tahun 2013 mendatang, kamera dengan resolusi gigapixel sudah dapat mulai diproduksi untuk kalangan industri dan dapat mulai diproduksi massal untuk umum dalam 5 tahun mendatang.

Video proses perakitan prototipe kamera AWARE 2 :

sumber : disp.duke.eduArtikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.