San Fransisco 11 Juni 2012 atau tepat pukul 00.00 tanggal 12 Juni 2012 waktu Indonesia Barat, Apple membuka World Wide Developer Conference (WWDC) 2012 mereka dengan mengumumkan kemunculan jajaran produk baru mereka yakni MacBook Pro dan MacBook Air baru yang telah tersedia saat itu juga (di Amerika Serikat), OS Mountain Lion yang akan tersedia bulan depan dan iOS 6 yang akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan.

MacBook Pro dengan Retina display sempat disebut Apple sebagai “next-gen MacBook Pro”. Hal ini dapat kita asumsikan MacBook Pro dengan retina display, penyimpanan menggunakan SSD (flash storage) dan tanpa DVD drive internal ini adalah standar bagi desain MacBook Pro di masa depan.

Apple MacBook Air dan MacBook Pro baru dengan spesifikasi standar sudah tersedia di Apple Store Amerika Serikat namun MacBook Pro dengan Retina display baru akan tersedia dalam 3-4 minggu mendatang. Pembeli yang membeli MacBook Pro dan MacBook Air saat ini akan mendapatkan laptopnya terinstall OS Lion namun akan mendapatkan upgrade ke OS Mountain Lion seharga US$19.99 atau sekitar Rp192.000 itu dengan gratis saat OS baru tersebut dirilis bulan depan.

Bagaimana dengan Indonesia?

Jika kedatangan kali MacBook Air dan MacBook Pro kali ini sama dengan kedatangan versi sebelumnya maka MacBook Air dan MacBook Pro baru ini akan tiba dan mulai dijual di Indonesia paling cepat sekitar 2-3 minggu setelah ketersediaan stok di Amerika Serikat.

Harga yang dipatok penjual-penjual Indonesia pada awal-awal kedatangan MacBook Air dan MacBook Pro biasanya hingga sekitar US$100 atau Rp950.000 lebih tinggi dibandingkan dengan harga resmi yang tertera di web Apple Amerika Serikat. Harga ini akan berangsur-angsur turun seiring waktu dan mencapai kestabilan harga dalam waktu lebih kurang 2-3 bulan terhitung sejak ketersediaan stok di Amerika Serikat.Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.