iPhone 8 dan iPhone X sejatinya dua perangkat berbeda tapi diluncurkan di waktu yang bersamaan. Sehingga wajar jika keduanya kemudian dibanding-bandingkan. Sayangnya, iPhone 8 yang disebut sebagai penerus iPhone 7 memang terkesan kurang lebih populer ketimbang iPhone X. Bahkan, menurut laporan Canalys, iPhone 8 masih kalah dari iPhone 7.

Dalam laporannya, Canalys menyebutkan pengapalan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus di kuartal-III 2017 tercatat sebanyak 11,8 juta unit di seluruh dunia. Angkah ini relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus mencapai 14 juta unit di periode yang sama tahun 2016 lalu.

Lagi, menurut laporan Canalys, iPhone malah belum bisa masuk ke 5 besar smartphone terpopuler di kuartal ke-3 2017, masih kalah dari iPhone 6S yang ada di peringkat kedua dengan pengalapan sebanyak 7,9 juta unit.

Seperti yang @GadgetGaul sempat laporkan, bahwa iPhone 7 menjadi smartphone paling populer versi Canalys dengan jumlah pengapalan sebanyak 12 juta unit. Selanjutnya di posisi keempat ada brand Oppo yang hebatnya menduduki posisi kelima secara berurutan dengan pengapalan sebanyak 7 juta unit.

canalys_1

Popularitas iPhone 8 tampak jelas tergerus oleh saudara kandungnya sendiri, iPhone X yang jauh lebih populer. Sampai ini, belum ada catatan resmi pengapalan iPhone X, namun jumlah pre-ordernya saja sudah menyentuh angka 50 juta. Jika separuhnya yang benar-benar membeli, iPhone X bakal mengantongi angka 25 juta.

Menurut laporan sejumlah media setempat, Apple berupaya memperbaiki penjualan iPhone 8 dengan menawarkan diskon dan menghentikan penjualan iPhone 7 terutama varian 256GB. Tapi, aganya strategi ini belum berhasil.

via Canalys.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.