Kini kita sudah memasuki kuartal keempat di penghujung tahun 2017. Pada kuartal sebelumnya, banyak sekali smartphone baru yang dirilis oleh beberapa brand ternama, salah satunya adalah Apple yang merilis iPhone 8, 8 Plus dan iPhone X. Apakah itu mutlak membuat ketiganya menjadi smartphone paling laris dengan pengapalan terbanyak sepanjang kuartal ketiga tahun 2017?

Ternyata tidak. Lewat data yang kami kutip dari Canalys, justru smartphone generasi sebelumnya, iPhone 7 yang menjadi ponsel dengan pengapalan terbanyak sepanjang Q3 2017, yaitu sebanyak 13 juta unit! Di posisi kedua, ada iPhone 6S yang menyusul sebanyak 7,9 juta unit. Kedua smartphone tersebut memang masih sangat populer di kalangan artis maupun remaja. Walaupun sudah berumur dua tahun, iPhone 6S masih sanggup menjalankan iOS 11 dengan baik, serta sudah memiliki beberapa fitur kunci yang ada di iPhone terbaru, sebut saja 3D touch dan Live Photos.

canalys_2

Apple berhasil mengapalkan setidaknya 46,7 juta unit iPhone di kuartal ketiga tahun 2017 kemarin — 11,8 juta dari jumlah tersebut adalah iPhone 8 & 8 Plus. Jumlah ini merupakan penurunan jika dibandingkan oleh iPhone 7 yang mencapai 14 juta unit pada kuartal pertamanya dulu. Namun yang menarik, Canalys menyebutkan jika iPhone 8 Plus menjadi iPhone seri Plus pertama yang dikapalkan lebih banyak dari saudaranya yang lebih kecil. Smartphone layar besar sepertinya memang lebih diminati daripada layar kecil ya, Gadgeteers.

canalys_1

Samsung, produsen smartphone asal Korea Selatan, berhasil mengapalkan 82,8 juta unit smartphone di Q3 2017, meningkat 8,2% dari tahun lalu. Ini dikarenakan Samsung berhasil menjual seri J-series di beberapa negara seperti India dan Timur Tengah. Galaxy J2 Prime berada di urutan ketiga dari jajaran lima smartphone dengan pengapalan terbanyak, yaitu 7,8 juta unit. Urutan keempat dan kelima diraih oleh Oppo; A57 dan R11 sebanyak 7,2 juta unit. Cukup menarik, karena Oppo R11 sendiri tidak dijual di Indonesia, tetapi masih bisa berada di posisi kelima, menandakan Oppo juga sangat populer di negara selain Indonesia.

Via: canalys.com

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.