Setiap tahun pabrikan kamera (khususnya kamera DSLR dan mirrorless) mengeluarkan teknologi baru, beberapa pabrikan bahkan membuat kamera-kamera produksi tahun kemarin mereka menjadi tampak usang. Kecepatan fokus, stabilisasi di bodi, gambar yang bebas noise di tingkat sensitivitas ISO tinggi, kemampuan merekam video beresolusi tinggi, serta fitur-fitur gimmick seperti Wi-Fi dan weather-proof menjadi topik yang tidak pernah usang.

IMG_20131229_021329
Tapi satu hal yang menarik adalah teknologi lensa yang tidak berubah banyak. Lensa-lensa klasik andalan seperti lensa 50mm milik Canon hampir tidak banyak berubah dari awal kemunculannya. Karena itu harga lensa bekas relatif tidak banyak berubah, bahkan karena fluktuasi nilai tukar Dollar Amerika terhadap Rupiah beberapa lensa populer tidak terpaut jauh dari harga barunya.

Path 2014-03-23 14_57Canon 50mm/1.8

“Berinvestasi” di lensa juga bukan semata-mata dilihat dari segi ekonomi, namun juga lensa yang baik tentu saja lebih mempengaruhi kualitas gambar dan menambah opsi kreatif yang lebih banyak (terutama jika anda memakai lensa fixed yang mempunyai aperture besar).

Teknologi sensor yang semakin canggih juga membutuhkan dukungan dari lensa yang baik agar kualitas gambar yang dihasilkan dari sensor bisa lebih optimal. Tentu saja dengan lensa yang bagus, anda tidak perlu pusing jika suatu hari anda memutuskan untuk membeli bodi yang lebih baik, lensa tersebut masih bisa dipakai mungkin sampai puluhan tahun ke depan.

20130731.165259Canon 6D + 100mm IS Macro L

20130831.140805Canon 6D + 35mm/1.4 L

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Jey Nelson

A professional photographer and videographer specializes in wedding and event photo/videography. I enjoy technical stuffs, new gadgets, and technologies that would help us.

Latest posts by Jey Nelson (see all)