Selama ini, Instagram secara tegas melarang, bahkan memblokir foto atau video yang diunggah yang dinilai melanggar aturan. Konten yang dinilai melanggar aturan termasuk konten yang mengandung unsur kekerasan serta pornografi. Namun selama konten yang diunggah tidak melanggar aturan secara terang-terangan, maka Instagram tidak akan mengambil langkah apapun.

Tetapi, kini hal tersebut sudah berubah, di mana Instagram membuat kebijakan baru untuk membuat foto dan video di feed pengguna yang dianggap “sensitif” menjadi buram.

Konten yang akan dibuat buram adalah konten yang tidak melanggar peraturan, tetapi telah dilaporkan oleh pengguna lain karena dianggap tidak layak. Selain tampak buram, konten juga akan diberi peringatan yang berbunyi “Foto ini mengandung konten sensitif yang mungkin ofensif atau mengganggu untuk sebagian orang.”

instagram-akan-mulai-kaburkan-kemitraan-gambar-sensitif

Tentu saja pengguna lain tetap dapat melihat foto atau video yang dimaksud setelah mengklik pada tombol yang menyatakan kesediaan melihat konten terkait. Langkah ini sendiri masih dalam tahap pengembangan, di mana untuk sementara Instagram akan terfokus pada konten yang mengandung unsur kekerasan.

Contoh dari konten kekerasan yang dimaksud adalah video penyiksaan binatang yang diunggah oleh kelompok penyayang binatang, atau konten yang menampilkan hal-hal terkait dengan krisis kemanusiaan yang ada di dunia.

Nantinya Instagram tentu akan menerapkan langkah serupa di area lain. Selain itu, Instagram juga telah memperkenalkan fitur keamanan baru yakni otentifikasi dalam dua langkah. Sebelumnya, fitur ini hanya untuk pengguna tertentu.

via PhoneArena.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.