Hari ini Instagram yang telah resmi diakuisisi Facebook beberapa bulan lalu memperbaharui kebijakan penggunaan dan privasi yang mereka umumkan melalui blog resmi. Kedua kebijakan ini akan berlaku efektif pada 16 Januari 2013 mendatang. Pengguna yang tetap menggunakan layanan Instagram hingga tanggal tersebut dan seterusnya secara otomatis dianggap menyetujui kebijakan baru ini.

Dalam kebijakan penggunaan dan privasi Instagram yang baru ini terdapat sebuah poin di mana yang menyatakan bahwa Instagram memiliki hak untuk menampilkan nama pengguna, like, foto dan semua tindakan kita kepada perusahaan atau entitas apapun yang bersedia membayar Instagram untuk keperluan promosi tanpa memberikan kompensasi apapun kepada pengguna tersebut.

Dengan demkian artinya sebuah hotel di Bali dapat membayar Facebook sebagai pemilik Instagram untuk menggunakan foto hotel tersebut yang ada di Instagram dan menggunakannya di web, iklan TV atau brosur tanpa membayar perlu sepeserpun kepada pengguna Instagram yang telah memotret, mengedit dan mengunggah foto tersebut.

Instagram-Kebijakan-Baru-GG

Sebagai catatan, sejak pertama kali Instagram merilis aplikasinya di iOS pada Oktober 2010 hingga merilis aplikasi Android pada April 2012 dan bahkan hingga kini belum memiliki pendapatan apapun. Aplikasi Instagram dapat diunduh pengguna iOS dan Android secara gratis dan hingga kini tidak ada satupun filter yang diperjualbelikan oleh Instagram. Selama hampir 2 tahun sebelum resmi dibeli Facebook pada September 2012, Instagram hidup dari suntikan dana beberapa investor dengan nilai total lebih dari US$57 juta atau sekitar Rp560 milliar.

Mungkin saja Facebook sebagai pemilik Instagram tidak bermaksud untuk memonetisasi foto-foto yang telah diunggah oleh pengguna Instagram namun pengacara mereka sering menggunakan bahasa yang melebar untuk mengakomodasi peluang bisnis di masa yang akan datang. Di lain pihak tidak ada kalimat dalam kebijakan tersebut yang tegas melarang Facebook untuk mengambil langkah penjualan foto pengguna tersebut.

Pengguna Instagram yang tidak setuju dengan diterapkannya kebijakan baru ini hanya memiliki 1 jalan yaitu menghapus akun Instagram miliknya sebelum kebijakan tersebut efektif berlaku mulai 16 Januari 2013 mendatang.

Sumber : Instagram.comArtikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.