Dalam gelaran acara “Qualcomm Technology Summit” yang diadakan di Hawaii pekan ini, Qualcomm meresmikan system-on-a-chip (SoC) kelas flagship terbarunya, Snapdragon 845. SoC tersebut akan banyak digunakan pada flagship Android di tahun 2018. Apa saja peningkatannya?

Snapdragon 845 dibuat menggunakan fabrikasi 10nm FinFET, sama seperti Snapdragon 835 dengan arsitektur octa-core ARM Cortex dan dirakit oleh Samsung. CPU Kryo 385 yang dimiliki oleh Snapdragon 845 memiliki empat “performance” core berbasis Cortex A75 dengan clock speed hingga 2.8GHz, plus empat “efficiency” core berbasis Cortex A55 yang berjalan pada clock speed 1.8GHz. Berkat CPU yang didesain ulang, Qualcomm menjanjikan Snapdragon 845 memiliki performa 25% lebih baik dari generasi sebelumnya.

sd845_2
Untuk kemampuan grafis, Adreno 630 menawarkan peningkatan performa serta efisiensi daya masing-masing 30% lebih baik dari Adreno 530. Chip grafis ini juga mendukung eye tracking, hand tracking, dan 6DoF tracking yang dapat melakukan mapping ruangan untuk kebutuhan virtual reality serta augmented reality, layaknya perangkat seperti HTC Vive. Dengan keseriusan Qualcomm pada Extended Reality atau XR, chip grafis mereka sudah tidak disebut GPU lagi, melainkan “Visual Processing Subsystem”.

Terdapat juga teknologi TrueWireless Bluetooth 5 yang dapat menghubungkan sebuah smartphone ke beberapa perangkat seperti speaker dan headphone dalam satu waktu, dengan konsumsi daya 50% lebih rendah. Snapdragon 845 juga membawa Secure Processing Unit (SPU) yang ditugaskan untuk memastikan keamanan saat melakukan proses enkripsi, pembayaran, dan otentifikasi biometrik dari software nakal.

sd845_3
Salah satu yang menjadi topik utama pada perilisan Snapdragon 845 adalah kemampuannya untuk merekam video. Chipset ini mampu merekam video 4K HDR pada 60fps. Perekaman slow-motion juga ditingkatkan, yaitu 480fps di resolusi 720p dan 240fps di resolusi 1080p. Soal jepret foto, Qualcomm Spectra 280 ISP mampu menghadirkan multiframe noise reduction pada sensor 16 Megapixel dalam 60fps. Artinya, noise pada foto yang dihasilkan dapat berkurang tanpa menyebabkan adanya shutter lag atau jeda saat ambil foto. ISP ini juga sudah mendukung kedalaman warna 10-bit, alias 64 kali lebih banyak tingkatan warna yang dapat ditangkap oleh kamera.

Teknologi pengecasan cepat Quick Charge 4 juga akan hadir melalui Snapdragon 845, memungkinan Gadgeteers mengisi daya perangkat smartphone dari 0 hingga 50 persen hanya dalam waktu 15 menit saja. Smapdragon 845 juga dilengkapi dengan platform AI mobile generasi ketiga, yang pada awalnya dihadirkan mulai dari Snapdragon 820. Peningkatan kemampuan machine learning ditingkatkan namun tidak berdampak pada konsumsi daya baterai. Snapdragon 845 juga mendukung Gigabit LTE lewat modem terbarunya, Qualcomm X20 yang mendukung kecepatan download hingga 1200Mbps. Plus, modem tersebut juga sudah kompatibel dengan standar Wi-Fi 802.11ad.

sd845_4Qualcomm menargetkan Snapdragon 845 akan mulai digunakan pada flagship Android di musim panas tahun depan, serta pada perangkat PC Windows 10 di akhir tahun 2018. Ya, SoC yang umumnya digunakan untuk perangkat mobile ini akan turut digunakan oleh perangkat PC, dengan daya tahan baterai yang sanggup menyala seharian, “Always Connected PC”.

Via qualcomm.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.