Jika dibandingkan dengan komputer, laptop memang memiliki keunggulan lebih mudah dibawa ke mana pun Gadgeteers pergi. Salah satu tempat yang paling sering dipakai untuk meletakkan laptop selain meja adalah kasur. Padahal, memakai laptop di atas kasur sebenarnya kurang baik untuk dilakukan.

Banyak merk laptop yang meletakkan ventilasi udara di bagian bawah. Ketika laptop diletakkan di atas kasur, kasur akan menutup lubang ventilasi udara pada laptop dan membuat sirkulasi panas menjadi tidak lancar. Jika panas sudah berlebih, maka laptop pun akan menjadi lebih cepat rusak.

Bahaya Pakai Laptop di Atas Kasur

Selain itu, meletakkan laptop di atas kasur juga dapat membuat hard disk mudah berguncang. Hal ini dikarenakan bentuk dari hard disk yang hanya seperti lempengan CD, tetapi terus bergerak dengan sangat cepat.

Permukaan kasur yang tidak rata dan guncangan dari hard disk dapat mengakibatkan piringan hard disk menjadi lecet dan rusak. Tidak hanya itu, saat mengetik pun pengguna akan mengalami kesulitan karena papan kunci juga menjadi mudah berguncang.

Solusi yang dapat dilakukan jika ingin menggunakan laptop di atas kasur adalah dengan menggunakan meja kecil sehingga permukaan lebih rata. Selain itu, pengguna juga dapat mengganti hard disk yang berbentuk piringan dengan SSD yang menggunakan flash memory. Dengan cara ini, meskipun permukaan kasur tidak rata, tetapi SSD memiliki ketahanan terhadap guncangan.

via Jalantikus.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.