Saat ini, prosesor yang memiliki 10 inti (deca-core) di kelas smartphone masih dikuasai MediaTek dengan Helio X20 dan Helio X25. Khusus untuk Helio X25, prosesor ini baru mulai muncul ke permukaan sejak Xiaomi mengandalkannya sebagai otak dari ponsel terbaru mereka, Redmi Pro.

Untuk bisa bersaing dengan Qualcomm, MediaTek dikabarkan bakal segera menambah koleksi prosesor 10 inti dalam bentuk Helio X30.

gopego.com

gopego.com

Kabar tersebut diamini oleh COO MediaTek, Zhu Shangzu, yang memberikan bocoran kalau mereka sedang menyiapkan prosesor 10 inti terbaru yang dibuat dengan proses fabrikasi 10 nanometer. Prosesor 10 inti ini terdiri dari 2 inti Cortex A-73 berkecepatan 2.8GHz, 4 inti Cortex A-53 berkecepatan 2.2 GHz, dan 4 Cortex-A35 berkecepatan 2.0 GHz.

Helio X30 yang rencananya akan ditemani GPU PowerVR ini juga dilengkapi dengan dukungan teknologi LTE Cat 10-12 dan kapasitas RAM hingga 8 GB, sehingga diyakini akan membawa tingkat processing smartphone ke level yang lebih tinggi.

Sementara itu, Qualcomm sebagai rival dari MediaTek juga tidak tinggal diam. Mereka dikabarkan telah menyiapkan prosesor flagship terbaru yang rencananya juga akan diluncurkan di awal tahun 2017, namanya? Snapdragon 830.

Dilansir dari situs Gizmochina, Snapdragon 830 akan membawa core bernama Kyro 200 yang didampingi dengan GPU Adreno 540. Prosesor ini juga diyakini mampu merekam video 4K 60 fps tanpa masalah.

phonearena.com

phonearena.com

Di atas kertas, spesifikasi Snapdragon 830 tidak memiliki banyak perbedaan dengan Helio X30 karena dibuat dengan proses fabrikasi 10 nanometer dan mampu mendukung penggunaan RAM berkapasitas 8 GB.

Jika tanggal perilisannya sesuai dengan rumor yang beredar, maka kita akan menemui penggunaan Snapdragon 830 di ponsel Samsung Galaxy S8 yang biasanya memang diluncurkan awal tahun.

via gizmochina.com

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Seorang penggila teknologi yang menyukai 3D modelling dan motion graphic, diselingi dengan menulis dan membuat video.