Sejak Apple memperkenalkan iPad untuk pertama kalinya pada April 2010 silam, kebutuhan akan tablet di seluruh penjuru dunia terus meningkat drastis. Tidak lama setelah itu, alternatif iPad pun mulai muncul menawarkan beragam pilihan sesuai kebutuhan dan dana. Berkat keterbukaan dan pengembangan sistem operasi Android yang konsisten oleh Google, kini semakin banyak orang dapat menikmati fitur-fitur kelas dunia pada tablet yang semakin berkualitas dengan harga yang semakin terjangkau.

Bertepatan dengan pelaksanaan pameran komputer IndoComTech 2012 awal November lalu, Tabulet meluncurkan Tabz Z1S, sebuah tablet berukuran 7-Inch dengan sistem operasi Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich dan memiliki prosesor ARM Cortex A8 up to 1.5GHz serta RAM 512MB. Meski hanya dibekali kapasitas penyimpanan internal 4GB, pengguna Tabz Z1S dapat menambahkan microSD hingga kapasitas 32GB pada slot penyimpanan external yang disediakan.

Dengan ketipisan hanya 8 mm dan bobot 280 gram, Tabz Z1S memiliki sebuah kamera depan, WiFi b/g/n dan baterai dengan kapasitas sebesar 3.000mAh yang mampu mendukung penggunaan Tabz Z1S selama 4 hingga 8 jam. Port USB yang terdapat pada Tabz Z1S mendukung USB OTG yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses hard disk external berkapasitas hingga 2TB.

Salah satu hal menarik dari tablet seharga Rp799.000 ini adalah Tabz Z1S telah dilengkapi dengan HDMI output yang memungkinkan pengguna untuk bermain games atau menonton film pada layar TV yang besar dari tablet ini. Menurut pengamatan GadgetGaul.com hingga saat tulisan ini dipublikasikan, belum banyak tablet Android dengan harga di bawah Rp800.000 yang memiliki kemampuan HDMI output seperti Tabz Z1S.

Tabulet merupakan salah satu vendor gadget lokal yang mulai hadir di Indonesia pada akhir 2010 silam dengan Tabulet Mech sebagai tablet Android pertamanya yang kemudian meraih perhatian banyak media nasional sebagai salah satu tablet Android lokal pertama dengan harga terjangkau. Di tahun 2011, Tabulet melanjutkan debutnya dengan merilis Tabulet Troy, Tabulet Beat, Tabulet Octa dan all-in-one PC dalam sebuah keyboard yang bernama Tabulet Alpha. Tahun 2012 Tabulet semakin agresif dengan merilis Tabulet Octa 2, Tabulet Troy 2, Tabulet Beat Duos, Tabulet Tabz Z1S dan ponsel Tabulet Sparta.Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.