Melalui acara yang berlangsung selama 1 jam di Tokyo, akhirnya Nintendo memberikan informasi yang lebih mendalam mengenai perangkat gaming terbarunya, Nintendo Switch. Tidak hanya merilis harga resmi dan tanggal penjualannya, perusahaan asal Jepang ini turut memperkenalkan Joycon, sebuah kontroler yang hadir bersama Nintendo Switch dan beberapa game terbaru seperti Super Mario Odyssey dan Splatoon 2.

Nintendo Switch

Acara yang bisa ditonton secara langsung melalui Youtube ini dimulai dengan informasi mengenai harga Nintendo Switch, yakni U$299 atau sekitar Rp4 juta. Perangkat yang dinilai cukup revolusioner ini akan langsung dijual di seluruh dunia pada tanggal 3 Maret mendatang. Berbeda dengan Nintendo 3DS yang menggunakan sistem region lock, para pemain bisa memainkan game apapun tanpa perlu memikirkan dimana mereka berada.

Di bagian spesifikasi, Nintendo Switch yang mengusung layar 6.2 inci akan menampilkan gambar beresolusi 720p jika digunakan dalam mode handheld. Namun jika digabungkan dengan docking, perangkat ini mampu menampilkan gambar beresolusi 1080p menggunakan kabel HDMI. Untuk menyimpan game yang telah diunduh, Nintendo Switch mengandalkan kapasitas penyimpanan internal seluas 32 GB yang bisa diperluas menggunakan kartu MicroSD. Tapi perlu diingat juga jika sebagian game yang bisa dimainkan di perangkat ini akan hadir dalam bentuk kartu fisik bernama GameCards (fungsinya mirip disk game pada PlayStation), sehingga kapasitas penyimpanan internal yang terbilang kecil tersebut bisa dimengerti.

Nintendo Switch

Perangkat yang menggunakan port USB C sebagai jalur pengisian daya ini akan diluncurkan bersama dengan beberapa mini game khas Nintendo Switch bernama 1-2 Switch. Menurut Nintendo, tablet/konsol ini memiliki kapasitas baterai yang mampu bertahan antara 2.5-6 jam tergantung game apa yang sedang dimainkan. Gadgeteers tertarik?

via Theverge.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Seorang penggila teknologi yang menyukai 3D modelling dan motion graphic, diselingi dengan menulis dan membuat video.