22 Oktober 2013 waktu setempat atau 23 Oktober 2013 waktu Indonesia Apple mengumumkan peluncuran 2 generasi iPad terbaru yakni iPad Air sebagai penerus new iPad dan iPad Mini Retina Display sebagai penerus iPad Mini. Semakin cepat, tipis dan ringan adalah kata kunci yang ditekankan dari acara pengumuman tablet baru Apple tahun ini.

Beberapa orang tampak cukup kecewa dengan keadaan tersebut. Apple yang biasa adalah sinonim dari inovasi tampak kembali menjadi korban dari kesukesesan mereka sendiri. Pengumuman generasi iPad terbaru tahun 2013 yang digadang-gadang akan menjadi bintang dalam acara peluncuran malam itu justru melempem. Banyak orang yang justru jadi lebih antusias dengan update gratis OS X Mavericks yang tersedia untuk Mac jadul bahkan hingga keluaran tahun 2007, peluncuran MacBook Pro baru dan pengumuman Mac Pro yang akan dirilis ke pasar pada Desember 2013 mendatang.

1) Dampak bobot iPad Air yang lebih ringan

Memegang iPad generasi pertama, kedua, ketiga dan keempat dengan bobot 650 gram untuk browsing, main game, membaca dan kegiatan lainnya dalam jangka waktu 10-15 menit dengan sebelah tangan bukanlah hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Tangan yang memegang iPad tersebut jadi cepat terasa pegal dan kita harus sering memindahkannya ke sisi tangan lainnya.

iPad-Air-Light-GG
iPad Mini dengan bobot hanya 308 gram dapat menjadi solusi tablet yang lebih ringan namun bagi sebagian orang yang tidak suka mengorbankan kenyamanan ukuran layar yang besar (9.7-Inch) menjadi lebih kecil (7.9-Inch) demi mengurangi bobot tablet, iPad Air (9.7-Inch) dengan bobot hanya 478 gram (Cellular) tentu dapat menjadi jawaban. Semakin ringan iPad secara tidak langsung akan membuat orang akan semakin sering dan lama menggunakannya.

2) Lompatan Generasi Prosesor iPad Mini

Ketika iPad Mini generasi pertama muncul tahun 2012, perangkat tersebut menggunakan prosesor Apple A5, 1 generasi di belakang prosesor yang Apple taruh pada iPad dan iPhone terbaru saat itu, A5X. Namun penerusnya, iPad Mini Retina Display langsung memperoleh prosesor yang sama dengan iPhone dan iPad terbaru yakni Apple A7. Lompatan generasi prosesor iPad Mini dari sebelumnya A5 langsung menjadi A7 melewati A5X adalah suatu hal yang tidak lazim Apple lakukan.

iPad-Mini-Retina-A7-GG
Apple memiliki kebiasaan meluncurkan produk generasi baru dengan harga yang sama dengan penerusnya atau lebih murah. Tidak kali ini, iPad Mini yang generasi sebelumnya diluncurkan mulai harga US$329 akhirnya diluncurkan US$399. Dengan demikian Apple berarti tidak lagi memposisikan iPad Mini sebagai iPad versi murah namun sebagai iPad dengan ukuran yang bisa kita genggam satu tangan.

3) New iPad dan iPad Mini generasi pertama belum masuk Indonesia

Ah yang bener? Udah banyak tuh yang pake dan ga sedikit kuis yang kasih hadiah iPad Mini!

Iya, iPad Mini generasi pertama dan New iPad (iPad generasi ke-4) yang ada di Indonesia saat ini dapat dipastikan masih BM. Apple belum secara resmi memasarkan baik new iPad atau iPad Mini generasi pertama di Indonesia mulai dari pengumuman peluncurannya pada tahun 2012 silam hingga hari pengumuman peluncuran generasi penerusnya tersebut bahkan hingga hari saat tulisan ini dipublikasikan.

Sebagai informasi Apple telah memperoleh Sertifikasi Dirjen Postel untuk New iPad (iPad generasi ke-4) sejak Juli 2013 dan iPad Mini generasi pertama pada September 2013.

Apple-Postel-2013-GG

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.