Kemarin di Kansas City, Amerika Serikat, Google mengumumkan secara resmi peluncuran Google Fiber, sebuah layanan koneksi internet rumah super cepat menggunakan media kabel serat optik dengan kecepatan hingga 1Gbps atau 100x kecepatan rata-rata internet di Amerika Serikat pada umumnya saat ini yang menurut laporan lembaga riset internet dan jaringan pendistribusian konten Akamai pada kuartal 4 tahun 2011 lalu “hanya” 5.8 Mb/detik .

Dengan menyediakan kecepatan sedemikian tinggi, biaya operasional Google Fiber diperkirakan mencapai dari US$3,000 atau Rp28.8 juta hingga US$8,000 atau Rp76.8 juta untuk setiap rumah. Menariknya biaya bulanan koneksi internet super cepat 1Gbps Google Fiber yang dibebankan ke pelanggan ternyata sangat kompetitif dengan layanan internet lainnya.

Google Fiber Gigabit Internet via GadgetGaul.com

Untuk koneksi internet saja, pelanggan Google Fiber hanya perlu membayar US$70 atau sekitar Rp670ribu/bulan tanpa batas quota penggunaan di luar pajak dan biaya pemasangan sebesar US$300 atau sekitar Rp2.8 juta yang akan digratiskan dengan menandatangani kontrak 1 tahun. Dengan membayar harga ini, pengguna akan mendapatkan 1 buah Network Box yang dapat berfungsi sebagai router, pemancar WiFi dan sekaligus firewall. Tidak ketinggalan, pengguna juga akan memperoleh layanan penyimpanan internet Google Drive dengan kapasitas 1TB.

Google Fiber Free Internet via GadgetGaul.com

Bagi para pencinta gratisan, Google Fiber juga menyediakan layanan internet gratis dengan kecepatan unduh hingga 5 Mbps dan unggah hingga 1 Mbps tanpa batasan quota. Mereka yang memilih layanan ini cukup 1x membayar biaya pemasangan dan Network Box sebesar US$300 atau sekitar Rp2.8 juta yang dapat dicicil US$25 atau sekitar Rp240.000/bulan selama 12 bulan. Google menjamin layanan ini akan tetap gratis selama minimal 7 tahun.

Google Fiber Internet + TV via GadgetGaul.com

Google Fiber juga menyediakan pilihan paket bundling internet dengan layanan TV berbayar seharga US$120 atau sekitar Rp1.150.000/bulan di luar pajak dan biaya pemasangan sebesar US$300 atau sekitar Rp2.8 juta yang akan digratiskan dengan menandatangani kontrak 2 tahun. Dengan membayar harga ini, selain mendapatkan 1 buah Network Box, pengguna juga akan memperoleh 1 buah TV Box yang berfungsi untuk menayangkan siaran TV berbayar dengan kualitas gambar High Defintion (HD). Tidak ketinggalan, pengguna juga akan memperoleh layanan penyimpanan internet Google Drive dengan kapasitas 1TB dan bonus sebuah tablet Android terbaru, Google Nexus 7.

Saat ini layanan Google Fiber baru tersedia di sebagian perumahan di Kansas City, Amerika Serikat. Penduduk di daerah lain yang tertarik ingin merasakan koneksi internet 1Gbps harga murah dari Google Fiber harus melakukan pendaftaran tempat tinggalnya dan meyakinkan sebanyak mungkin tetangganya untuk juga ikut mendaftar mulai dari sekarang.

Pada 9 September 2012, Google akan menampilkan peringkat kota pendaftar dalam bentuk presentase di mana kota dengan pendaftar terbanyak akan memperoleh prioritas pertama pembangunan layanan Google Fiber di kotanya dan demikian seterusnya dengan kota pada peringkat selanjutnya. Meskipun proses pemasangannya relatif kompleks, Google menargetkan 50% kota teratas pada daftar pemeringkatan tersebut telah terpasang Google Fiber pada pertengahan 2013.

Apa yang akan Gadgeteers lakukan kalau di rumah ada koneksi internet 1Gbps unlimited?

Sumber : fiber.google.comArtikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.