Lama tidak memenuhi dahaga para Geek! akhirnya #GadgetGirls kembali lagi dan kali ini di sebelah saya sudah ada Maria Margaretha Earlene. Siapa sih Maria ini? Maria adalah seorang Dosen yang juga seorang ‘Cosplayer’, jago fotogfrafi dan berkreasi dengan make-up. WOW! Super Multitalenta! Maria bercerita tentang hobinya menggunakan kostum dan gadgetnya yang selama ini banyak membantunya dalam berkreasi dan mendapatkan relasi.

18325_4956142062423_2085765649_n

G: Halo Maria, Apa kabar? ceritain sedikit tentang  kamu dong!
M: Halo juga GadgetGaul, kabar baik selalu 🙂 Saya Maria Margaretha Earlene, saya bekerja sebagai dosen freelance di Universitas Multimedia Nusantara, juga sering kali bekerja membuat event, sebagai ketua panitia, saya juga seorang cosplayer, yaitu costume player, di mana saya menjalani seni peran, baik itu dengan kostum, make up, property dan juga seni peran, saya kadang kala diundang sebagai tamu untuk memberikan performance di panggung dengan memakai suatu kostum, sesuai dengan tema acara tersebut.

Saya juga fotografer freelance, dan make up artist , baik itu make up basic, beauty, fashion, sampai dengan special effect. Saya juga founder dari komunitas cosplayer yang bernama Zero Cosplay. Dan beberapa waktu lalu saya menjadi pengurus utama dari komunitas pecinta zombie terbesar di Indonesia yang bernama, Indonesian Zombie Club. Saya juga membuka usaha pembuatan kostum, yang baru berjalan kurang dari 1 tahun tapi kebetulan pesanan yang datang sudah cukup banyak, walau tanpa promosi sama sekali. Bahkan sampai ada pesanan kostum untuk keperluan film.

G: WHOAAA!! :O Beragam profesi dijalani, multitasking banget kamu yah kayak smartphone :’) O iya minta nama akun Twittermu dong!
M: @MMEarlene follow yah *wink*

G: *klik follow* terus kan hobi kamu banyak banget nih, emangnya hal-hal yang kamu suka di dunia ini apa aja sih?
M: makanan yang sangat saya sukai adalah sushi, sashimi, dan juga steak, kembang tahu, dan terong balado
genre film yang saya sukai amat beragam, dari action, horror, drama, baik itu film Asia, Eropa, ataupun Hollywood. Film yang paling terakhir berkesan di hati saya adalah film Cloud Atlas, yang bercerita tentang lingkaran kehidupan dan juga karma. Musik yang saya suka juga beragam, dari pop, jazz, basanova, orchestra, instrumental, sampai musik untuk clubbing dan hip hop. Saat ini saya sedang menyukai lagu David Guetta, dan Calvin Harris, juga Puti Chitara, dan lagu AKB48 yang berjudul Sugar Rush.

40294_1566855012365_1074507_n

G: Wiih, pantesan kamu kreatif banget, pasti terpengaruh sama banyak hal yang kamu suka juga ya :). Ngomong-ngomong kamu pakai gadget apa aja sih biasanya sehari-hari?
M: Saya pakai MacBook Pro 15-Inch , Ponsel SmartFren , Canon 5d Mark II, gak terlalu banyaklah cukup segitu aja.

G: Terus yang paling sering dibawa yang mana?
M: Ponsel Smartfren. Jelas banget bahwa Smartphone Android sudah menjadi yang paling penting dan tidak bisa lepas karena dibutuhkan untuk berkomunikasi, baik itu dengan cara yang konvensional seperti menelepon, SMS, maupun aplikasi terbaru sekarang seperti Whatsapp, LINE, untuk membuka email dan juga media sosial seperti Facebook dan Twitter

G: Kamu termasuk tipikal cewek yang update berita tentang teknologi/gadget gak sih?
M:  Tergantung. Kalau gadget , saya usahakan untuk sesuai kebutuhan aja, kalau memang butuh, aku baru cari info untuk keperluan pencarian data sebelum membeli. Saya jarang cari info tentang gadget kalau belum merasakan kebutuhan untuk memakainya dalam keseharian dan menunjang karier.

G: Selain dipake buat telepon dan SMS, kamu pakai ponsel kamu buat apa aja?
M: WhatsApp, itu paling utama banget. Bisa chatting sama teman-teman, tanpa tekor pulsa, bisa juga untuk update info pekerjaan, orderan, janjian, macam-macam degh. Kemudian LINE juga kadang saya gunakan untuk chatting, juga untuk membuka Facebook dan browsing gambar untuk sample, karena saya menerima pesanan membuat kostum, kadang saya menggunakan referensi gambar yang saya unduh untuk mencocokan warna, tekstur dan pola bahan , ketika mencari kain untuk pesanan kostum.

G:  Aplikasi apa yang sering kamu jalankan dari ponsel?
M: Mmm..paling utama, Whatsapp. Kemudian Facebook, Facebook Messenger, LINE, dan LINE Jelly

G: Aaah, aku juga suka main LINE JELLY ^^. Terus ada fenomena apa sih di sekitar kamu berhubungan dengan banyaknya gadget bertebaran di sekitar kamu?
M:  Fenomena menjamurnya Ponsel SmartFren AndroMax. Selain brand-brand yang terkenal wah seperti iPhone, Samsung Galaxy dan juga Blackberry, ternyata banyak juga yang memakai ponsel Smartfren yang dapat digunakan sebagai modem juga. Sering saya nyaris tertukar, bersama beberapa orang yang saya temui kami sama sama memakai ponsel yang sama dengan warna yang sama. Ponsel SmartFren itu memang cukup ok secara desain yang sepintas seperti iPhone : ramping, ringan, dan cukup oke untuk browsing dan aktif di media sosial. Dengan harga yang ekonomis, ponsel itu cukup memuaskan.

164668_10200195849600014_1669414797_n

G: Ngomongin soal media sosial. Dari sekian banyak media sosial yang bertebaran, kamu punya apa aja? dan yang mana yang paling sering kamu gunakan?
M: Aku punya  Facebook, Twitter, dan Youtube.

G: Sisi positif dan negatif dari media sosial menurut seorang Maria apa sih?
M: Positifnya, media promosi secara halus, ketika orang merasa mengenal kita, dan merasa dekat (walau hanya melalui Facebook & Twitter) mereka jadi merasa lebih nyaman dan percaya kepada kita, dan banyak peluang dan bakat potensi kita, bisa dilihat oleh banyak orang, dengan mempublikasikan diri lewat media sosial tersebut.

Negatifnya,  jelas media sosial sering kali menjadi pelarian dari kenyataan. Ketika berkumpul bersama, ketika kita merasa risih, atau kehabisan topik, sering kali media sosial melalui ponsel adalah pelarian yang dituju. Tidak ada salahnya aktif bersosial media, tapi ketika kita menjadikannya pelarian dari kenyataan dan keadaan yang seharusnya kita hadapi, jelas menjadi sesuatu yang tidak sehat.

G: Wow, panjang juga ya jawabannya :p. Pernah punya pengalaman buruk gak sih dalam menggunakannya?
M: Ya paling membuat pernyataan dan ada perdebatan di media sosial, atau bertengkar melalui media chat di media sosial, karena miskomunikasi, atau permasalahan pemakaian foto tanpa izin oleh pihak yang tidak bertanggung jawab gitu deh.

G: Seberapa besar pengaruh media sosial dalam hidup kamu?
M: Besar banget, saya sering menggunakan media sosial untuk bekerja, berkomunikasi tentang pekerjaan, membahas pekerjaan, mendapatkan pekerjaan juga dari media sosial. Jadi media sosial bukan lagi hanya permainan untuk saya, tapi salah satu media saya mempromosikan diri karena itu saya harus menjaga tutur kata saya, bagaimanapun buruknya kondisi mood dan perasaan saya. Kita tetap harus bersikap bertanggung jawab di media sosial, sambil tetap menjaga esensi kepribadian kita yang sebenarnya.

G: Last question nih, kira-kira seperti apa sih teknologi yang kamu bayangkan 10 tahun lagi?
M: Menurut saya ke depannya nyaris semua kebutuhan manusia akan gadget akan dapat disatukan dalam 1 buah gadget super, yang ringan, slim, compact, dengan kemampuan yang tinggi. Sehingga kedepannya, segala sesuatunya akan semakin praktis dan instan. Semua kebutuhan dalam 1 gengaman tangan.

Tentang #GadgetGirls
Kalo kamu cewek berusia 18-35 tahun, berpenampilan menarik dan memiliki pengalaman seru dengan gadgetmu, kamu bisa tampil di sini. Mention akun Twitter kontributor kami di bawah ini sambil menyertakan alasan kenapa kamu layak untuk jadi #GadgetGirls selanjutnya :

Aryanata RazkiAryanatar-GadgetGaul
Penulis adalah pria lulusan Desain Komunikasi Visual Universitas Trisakti. Seorang gadgetholic yang memulai bisnis kreatifnya di media sosial sejak 2009. Memiliki usaha penyediaan jasa desain illustrasi & social media marketing bernama YAWN! dan #WarungAvatar. Menulis untuk blog pribadi hingga ke beberapa web tentang dinamika sosial anak muda. Catch him on twitter @AryanataR atau www.warungavatar.com

Artikel Menarik Lainnya: