Seorang fotografer profesional yang bernama Chase Jarvis pernah mengatakan “The Best Camera Is The One That’s With You” sebelum akhirnya dia membuat buku yang berisi kumpulan foto-fotonya yang diambil hanya dengan menggunakan kamera ponselnya (iPhone 4 saat itu). Sejak saat itu tren fotografi dengan ponsel semakin meningkat. Situs sharing foto ternama, Flickr, menyatakan bahwa kamera yang paling banyak dipakai para pengguna jasa mereka saat ini adalah iPhone 5. Ya, sebuah ponsel.

Nokia-Lumia-1020-Colors-GG

Beberapa situs blog fotografi juga membuat challenge dengan fotografi ponsel ini. Salah satu yang sempat menggemparkan dunia fotografi adalah challenge dari F-Stoppers.


dan SLR Lounge


Tentu saja sejak saat video tersebut dibuat fotografi dengan ponsel semakin berkembang sampai para pabrikan khawatir penjualan kamera pocket mereka akan dimakan oleh ponsel-ponsel berkamera canggih seperti Nokia 1020 dan iPhone 5s. Bahkan Sony memutuskan untuk mengubah lini RX100 mereka untuk diintegrasikan dengan telepon mereka dengan QX-100 dan QX-10 untuk mengakomodir kebutuhan mereka yang ingin memotret dengan kualitas yang lebih baik dan langsung mengunggah nya ke situs-situs social media seperti Instagram, Path, atau Facebook.

fotografi-ponsel-01-gg

fotografi-ponsel-02-gg

fotografi-ponsel-03-gg
Perkembangan kamera ponsel ini sendiri bukan hanya terbatas ke fotografi, namun juga ke videografi. Zacuto, sebuah pabrikan alat-alat pendukung sinematografi dan videografi besar yang berasal dari Amerika, sempat membuat perbandingan kamera-kamera sinema populer dan menyelipkan iPhone 4S sebagai salah satu alat yang akan dibandingkan dengan kamera-kamera berharga ratusan ribu dollar. Hasilnya cukup mencengangkan, dengan pencahayaan yang baik ternyata iPhone masih mampu menghasilkan gambar yang cukup baik, namun tentu saja kamera ponsel tetap mempunyai keterbatasan-keterbatasannya.

Apakah para gadgeteers mempunyai tips-tips tersendiri untuk memotret atau mengambil video dengan ponsel? Silahkan berpartisipasi di comment box di bawah ini, tentu saja jika gadgeteers mempunyai akun Instagram atau Flickr tidak perlu segan untuk mencantumkan akun anda di box komentar 🙂

Minggu depan kita akan membahas beberapa tips dan trik untuk phone photography ini, stay tune!Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Jey Nelson

A professional photographer and videographer specializes in wedding and event photo/videography. I enjoy technical stuffs, new gadgets, and technologies that would help us.

Latest posts by Jey Nelson (see all)