Per awal tahun kemarin, Facebook telah melakukan percobaan untuk merilis sebuah fitur alternatif selain news feed, yang dinamakan “explore feed”. Setelah melalui masa percobaan, fitur ini mulai diluncurkan secara resmi mulai minggu kemarin.

Awalnya, fitur ini hanya tersedia pada versi mobile. Namun kini pengguna desktop juga dapat mengaksesnya, melalui sidebar di sisi kiri layar, di bawah kategori “explore”. Kamu akan menemukan menu Explore Feed dengan logo roket. Sedangkan di aplikasi mobile, Gadgeteers dapat mencarinya di tab More.

fb_explore_1

Pihak Facebook menyampaikan kepada TechCrunch jika ini adalah awal digulirnya fitur Explore Feed. “Kami mulai merilis sebuah feed artikel, video dan foto populer sebagai pelengkap, yang secara otomatis disesuaikan untuk setiap orang berdasarkan konten yang mungkin menarik bagi mereka,” kata juru bicara dari Facebook. “Kami telah mendengar dari orang-orang bahwa mereka menginginkan cara mudah untuk mengeksplorasi konten yang relevan dari halaman yang belum pernah mereka temukan.”

Sesuai kutipan di atas, Explore Feed milik Facebook bisa dikatakan serupa dengan fitur Explore pada aplikasi Instagram. Secara otomatis, Facebook akan menampilkan konten yang sekiranya menarik bagi masing-masing penggunanya, dilihat dari halaman atau konten apa saja yang sudah Gadgeteers ikuti atau sukai.

fb_explore_2

Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan waktu penggunaan Gadgeteers dalam mengakses Facebook, baik dari aplikasi mobile maupun desktop. Kedepannya, Facebook juga dapat menyisipkan iklan yang disesuaikan dengan penggunanya, baik melalui foto maupun video. Namun pada saat ini, belum ditemukan konten iklan pada fitur Explore Feed ini.

Bagaimana menurut Gadgeteers dengan adanya fitur baru dari Facebook ini? Coba, dan berikan pendapatmu apakah fitur ini efektif membuat Gadgeteers lebih lama mengakses Facebook atau tidak lewat komentar di bawah ya.

Via: techcrunch.com

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.