Setelah menunggu sekian lama, Facebook akhirnya resmi membuka kantor pertamanya di Indonesia. Bertepatan dengan awal pekan di minggu kedua bulan Agustus, Facebook melakukan acara peresmian dengan mengundang beberapa pihak. Adapun lokasi kantornya bertempat di gedung perkantoran Capital Place Lantai 49, Jl Gatot Subroto, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, pihak Facebook yang diwakili oleh Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati mengungkapkan bahwa ini merupakan kantor pertama yang akan menjalankan operasional termasuk investasi. Selama ini, Facebook memang punya kantor di Indonesia, tetapi hanya bersifat perwakilan dan tidak melakukan kegiatan operasional.

Sri Widowati

“Investasi di sini jadi prioritas utama, karena Indonesia memang pasar yang sangat besar. Jadi setiap ada kesempatan kami masuk, tapi tidak bisa menjelaskan lebih detail (soal klasifikasi bisnis baru maupun operasional),” kata wanita yang biasa disapa Wido ini, saat bincang dengan jurnalis, di kantor Facebook Indonesia.

“Di Indonesia, fokus kami membangun komunitas dan bisnis, baik besar dan kecil. Kami juga akan membangun ekosistem di sini,” tambahnya lagi.

Ketika ditanya soal kemampuan perusahaan menyerap tenaga lokal, Wido belum bersedia untuk memberi bocoran. Tapi, yang jelas mereka akan melakukan kolaborasi, antara karyawan dari luar negeri yang akan memberi pelatihan kepada karyawan lokal di sini. Mereka memilih menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan saja.

Kantor resmi Facebook sendiri dibuka setelah perusahaan melakukan berbagai langkah dan juga upaya birokrasi. Facebook harus mendirikan badan usaha tetap terlebih dahulu, dan proses itu memakan waktu yang cukup lama. Perizinan prinsipnya sendiri sudah keluar pada bulan Maret 2017, namun jejaring sosial raksasa tersebut harus menunggu penyesuaian KBLI atau Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia yang dikeluarkan melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

via Tekno.kompas.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.