Gadgeteers suka menonton konser secara live? Jika ya, pastinya sudah hafal dong dengan kondisi venue pada saat konser tersebut berlangsung. Suasana begitu meriah dengan adanya teriakan dari para fans, lantunan lagu-lagu andalan dari sang idola, ataupun tata cahaya lampu panggung warna-warni yang mengikuti irama lagu.

Di Indonesia, terutama di Jakarta, beberapa tahun belakangan ini lebih sering menjadi tempat singgah para artis mancanegara. Band dari Amerika Serikat, Inggris, ataupun Jepang, boyband dan girlband  dari Korea Selatan, ataupun para DJ yang biasa perform  di Ibiza, semua hadir di ibukota meramaikan acara-acara konser yang banyak diadakan oleh para promotor. Walaupun harga tiketnya tidak bisa dikatakan “murah”, jika kamu ngefans banget sama sang idola pastinya kamu bela-belain mengurangi pengeluaran bulanan demi dapat menonton konsernya.

Nah, ketika menonton konser pastinya banyak dong hal-hal unik yang terjadi di sekitar kamu? Sering kan lihat ada orang foto-foto di depan panggung pakai gadget-nya? Atau mungkin kamu melihat ada orang joget-joget teler mengikuti alunan nada jedag-jedug dari sang DJ? Nah gadgeteers, hal-hal unik tersebut sebenarnya wajar saja dilakukan. Namun perlu diingat, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu tidak lakukan pada saat menonton konser, diantaranya:

1. Menggunakan pakaian yang ribet

Seringkali penulis menemukan (terutama cewek) sebagian penonton konser menggunakan pakaian yang sebenarnya tidak layak digunakan untuk konser. Ntah terlalu formal, terlalu banyak menggunakan aksesoris, ataupun terlalu menor dandanannya. Sebaiknya jika kamu mau nonton konser, gunakanlah pakaian yang nyaman digunakan dan tidak membuatmu sulit untuk bergerak. Contohnya adalah menggunakan padanan kaos dan celana jeans. Buat apa repot-repot pakai dress ke konser? Memangnya mau kondangan? Untuk para cewek juga jangan menggunakan pakaian yang minim, bisa-bisa malah kamu nanti jadi korban pelecehan seksual. Alas kaki juga harus diperhatikan.

Kondisi crowd yang tidak dapat diprediksi (kadang kalem, kadang rusuh) membuat kita sebagai penonton harus dapat mengikuti arus. Jangan gunakan sepatu seperti high heels ataupun stiletto, karena membuat kamu akan sulit untuk bergerak dan mudah terjatuh. Gunakan saja sepatu sneakers ataupun canvas sehingga kamu dapat bermanuver lebih lincah ketika sedang bergoyang mengikuti irama lagu.

2. Mengambil gambar menggunakan tablet

Sudah menjadi hal yang lumrah ketika kita mengabadikan momen menonton konser. Ntah foto-foto narsis di depan venue ataupun mengambil gambar/video pada saat sang idola sedang perform di atas panggung. Tapi, ada satu hal menurut penulis yang sangat-sangat risih untuk dilihat, yakni memotret ataupun merekam konser dengan menggunakan tablet. Bayangkan saja, tablet yang sebesar nampan itu diangkat setinggi-tingginya demi mendapatkan gambar terbaik dari sang idola seperti gambar di bawah ini:

tablet-concerts

Apakah kamu salah satu orang yang pernah melakukannya? Penulis sarankan: jangan dilakukan lagi ya! Kenapa? Tau nggak sih, ketika kamu mengambil gambar/merekam video, kamu sudah mengalangi pemandangan orang yang ada di belakang kamu. Apalagi kalau kamu punya postur tubuh yang tinggi dan di belakang kamu orangnya pendek. Kasian kan jadinya dia nggak bisa lihat sang idola.

Apalagi sensor dari kamera tablet kan sebenarnya tidak terlalu bagus. Jadi percuma saja mungkin gambar yang kamu potret ataupun rekam menjadi tidak maksimal. Ada baiknya kamu cukup menggunakan smartphone ataupun kamera saku digital. Lebih baik lagi: don’t take any picture or video and just enjoy the show! Beberapa waktu setelah konser biasanya pihak promotor ataupun manajemen artis akan meluncurkan DVD/Bluray rekaman dari konser tersebut yang bisa kamu beli.

3. Membawa terlalu banyak barang berharga

Ketika kamu mau menonton konser, usahakan membawa sedikit saja barang berharga milik kamu. Bawa saja yang penting-penting seperti dompet dan ponsel, tidak perlu membawa tablet, PSP, NDS, apalagi bawa airsoft gun. Memangnya kamu mau main perang-perangan? Disarankan juga untuk tidak berlebihan menggunakan perhiasan. Hal tersebut bisa memperbesar kemungkinan kamu untuk menjadi sasaran rampok yang mungkin terjadi ketika kamu sedang diperjalanan pulang dari konser. Jangan lupa gunakan tas kecil (seperti messenger bag) untuk menyimpan barang-barang berharga kamu ketika kamu sedang berada di tengah crowd. Kalau kita simpan dompet atau smartphone di kantong, bisa-bisa kena copet lho!

4. Mengkonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang

Nah kalau ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang akan menonton konser dugem dengan artis para DJ papan atas. Mereka melakukan kedua hal tersebut “katanya” biar jogetnya makin yahud. Padahal, jika kita mengkonsumsi minuman beralkohol ataupun obat-obatan terlarang (seperti ganja dan ekstasi) tingkat kesadaran dan konsentrasi kita akan jauh berkurang. Hal ini sangat berbahaya, karena mabuk ataupun ngefly, bisa saja kita berbuat hal yang “tidak diinginkan” dan menciptakan keributan dengan orang lain di dalam venue. Bukannya asyik joged yang ada malah kena bogem.

Lebih bahaya lagi kalau kita pulang dari konser mengendarai kendaraan pribadi. Kalau lagi mabuk/ngefly, nyetirnya bakalan asal-asalan dan dapat menyebabkan celaka bagi orang lain maupun diri kita sendiri. Ada baiknya kamu tidak mengkonsumsi minuman beralkohol ketika mau nonton konser, apalagi minum ekstasi atau menghisap ganja, kalau ketahuan polisi bisa dijeblosin ke penjara!

Nah gadgeteers sudah tahu kan sekarang beberapa hal penting yang sebaiknya tidak dilakukan ketika kamu ingin menonton konser. Ingat, semahal-mahalnya tiket konser yang kamu beli tidak mencerminkan siapa kamu sebenarnya ketika kamu sedang menonton konser dan berada di tengah crowd 😉

Gambar via dayandradream.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr