Sebagai platform open source, tentu lebih mudah untuk membuat aplikasi di sistem operasi Android daripada iOS. Hal ini menyebabkan jumlah aplikasi Android lebih banyak dari iOS. Apakah lebih banyak mutlak lebih baik?

Tentu tidak bisa dikatakan seperti itu. Akan tetapi, menjadi open source membuat developer Android dapat merilis beberapa jenis aplikasi yang tidak dimungkinkan untuk dirilis di iOS. Berikut adalah beberapa pilihan aplikasi menarik di Android yang tidak tersedia di iOS.

Cashtree

6app_1

Kalau Gadgeteers tidak terlalu suka untuk mengkustomisasi layar kunci di Android kalian, maka aplikasi yang satu ini bisa dilirik. Dengan Cashtree, layar kunci akan diubah menjadi banner iklan yang bisa mendatangkan pulsa gratis, voucher game hingga smartphone!

Gadgeteers cukup install Cashtree, atur aplikasi agar menggantikan layar kunci, dan buka layar kunci smartphone secara rutin. Jika ada waktu luang, ikuti saja event-event yang ditawarkan dari layar kunci. Tidak ada waktu? Cukup swipe layaknya membuka kunci biasa, sudah dapat poin kok.

FooView – Float Viewer

6app_2

Aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari lima juta pengguna di Play Store ini menawarkan pintasan seperti Assistive Touch pada iOS, alias sebuah tombol yang melayang di sekitar layar. Bedanya, pintasan yang ditawarkan lebih fleksibel dan bermacam-macam.

Dengan FooView, kamu bisa meletakkan aplikasi favorit, menjadikannya pintasan untuk berbagi konten di layar, terjemah, preview sebuah file, pindah aplikasi, pengganti tombol back dan sebagainya.

Sky Map

6app_3

Aplikasi ini awalnya dinamakan Google Sky Map dan dikembangkan langsung oleh Google. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi bintang, planet, dan lain sebagainya hanya dengan mengarahkan kamera smartphone ke langit. Pastikan smartphone Gadgeteers dilengkapi dengan sensor kompas ya.

Light Flow

6app_4

Jika smartphone Gadgeteers memiliki lampu notifikasi LED yang bisa menampilkan berbagai macam warna, maka lewat aplikasi ini, kamu bisa menyesuaikan warna sesuai keinginan. Aplikasi ini dapat mengatur warna lampu sesuai dengan aplikasi maupun kontak tertentu. Dengan begitu, Gadgeteers bisa tahu persis aplikasi apa yang memunculkan notifikasi melalui warna lampu LED yang menyala.

AppLock Face/Voice Recognition

6app_5

Dengan aplikasi ini, Gadgeteers dapat mengunci aplikasi tertentu dengan menggunakan wajah atau suara, cocok jika ROM Android yang dimiliki tidak menawarkan fitur untuk mengunci aplikasi. Ingin lebih aman? Terdapat mode TrulySecure yang memerlukan baik wajah dan suara untuk akses aplikasi. Selain gratis, aplikasi ini juga bebas iklan. Wah, baik banget ya developernya.

ES File Explorer

6app_6

iOS 11 memang sudah menawarkan aplikasi sejenis file manager, namun konten yang bisa diakses tidak mendetil seperti pada Android yang bisa akses file system. ES File Explorer adalah salah satu aplikasi file manager paling populer untuk Android, yang sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna.

Selain menawarkan kemampuan akses file, ES File Explorer juga dapat membuat dan ekstraksi format ZIP & RAR, dilengkapi built-in viewer serta mode untuk kirim data melalui jaringan Wi-Fi. Ada juga fitur Remote File Access yang memungkinkan Gadgeteers untuk akses file dari Dropbox, Google Drive, atau menggunakan client FTP dan WebDAV. Fitur enkripsi data juga tersedia pada aplikasi ini.

Itu adalah enam aplikasi keren di Android yang tidak tersedia di iOS. Punya saran lain? Sampaikan di bawah ya!

WN Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.