Gadgeteers zaman now mungkin sudah tidak asing lagi dengan apa itu namanya VPN. VPN sendiri merupakan kependekan dari Virtual Private Network yakni sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan pengaksesnya untuk dapat terhubung dengan jaringan publik dan menggunakannya sehingga dapat bergabung dengan jaringan lokal.

Nah, dengan hadirnya VPN ini, tidak heran kadang situs yang pemerintah blokir dapat kita akses begitu saja dengan mudah dan atas dasar itu mungkin beberapa mindset tentang VPN ini pun menjadi terbentuk, lantas apa saja itu?

top-five-benefits-vpn

1. VPN Merupakan Sesuatu Ilegal

Kebanyakan orang akan menganggap bahwa VPN itu ilegal karena dapat mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah, namun itu merupakan salah satu kelebihan yang didapat saat seseorang menggunakan VPN. Bila dilihat dari fungsi utama dari VPN sendiri adalah untuk mengenkripsi data dan memberikan perlindungan kepada Gadgeteers selama terhubung ke internet. Ambil contoh saat menggunakan fasilitas WiFi umum, kita dapat menggunakan VPN untuk mengamankan data agar tidak terserang.

2. VPN Merupakan Pintu Kebebasan Berselancar di Internet

Jangan anggap setelah dapat mengakses situs yang diblokir pemerintah dan mendapatkan perlindungan data Gadgeteers merasa bahwa VPN merupakan pintu kebebasan berselancar di Internet. Kendati begitu, VPN tetap tidak dapat melindungi penggunanya dari Phising dan Keyloger.

3. Semua VPN Sama Saja

Bila Gadgeteers percaya akan hal ini, tentu saja salah besar! Mengapa? Hal tersebut karena VPN pun terbagi jadi dua, yakni yang berbayar dan tidak berbayar. Tentunya ada beberapa hal yang tidak dapat didapatkan oleh mereka yang menggunakan VPN secara gratisan. Jadi jangan salah kaprah ya!

4. VPN Membuat Internet Menjadi Lambat

Siapa bilang? Tidak semua VPN membuat internet menjadi lambat. Ada juga kok yang malah membuat kecepatan internet Gadgeteers bertambah cepat. Mungkin lemotnya kecepatan internet tersebut dikarenakan Gadgeteers menggunakan VPN gratisan, bila begitu wajar saja kecepatan internetnya menjadi lambat.

featured image via krebsonsecurity.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Zaky Islami

A Young Entrepreneur. Speak 4 languages : English, Indonesia, Deutsch (German) and of course Sunda. Former MC and Radio Announcer. Now living as writer and selling premium Quality Bags at www.instagram.com/dreissig.id Business inquiries : +6287825521892 or zakyriie@gmail.com