Imagine Cup adalah kompetisi teknologi informasi mahasiswa tingkat dunia yang diselenggarakan setiap tahun oleh Microsoft. Sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2003 hingga kini, Imagine Cup tercatat telah diikuti oleh sekitar 1.4 juta mahasiswa dan pada tahun 2011 lalu sendiri, tercatat 358.000 mahasiswa yang mewakili 183 negara telah ikut serta dalam kompetisi ini.

Imagine Cup 2012 memiliki tema bagaimana teknologi informasi mampu membantu menyelesaikan masalah-masalah tersulit yang dihadapi dunia saat ini. Ajang ini bertujuan mengajak seluruh mahasiswa di dunia untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya dalam menyelesaikan permasalahan dunia. Hal ini juga sekaligus menjadi jawaban atas tantangan untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs).

Pada tingkat nasional, tercatat ada 440 proposal yang masuk dari seluruh Indonesia di mana pada 10 April 2012 lalu telah terpilih 10 semi finalis dan 4 proposal melaju ke babak final. Pada 15 Mei 2012, Indonesia telah mendapatkan juara Imagine Cup 2012 tingkat nasional dan sang juara pertama kompetisi ini mendapatkan uang Rp15 juta dari Microsoft Indonesia dan akan berangkat untuk bersaing di final Imagine Cup 2012 tingkat global yang akan diadakan di kota Sydney, Australia pada bulan Juli mendatang untuk mewakili Indonesia pada ajang bergengsi ini.

Berikut profil tim juara pertama Imagine Cup Indonesia 2012 sekaligus perwakilan Indonesia di Imagine Cup 2012 tingkat global :

Tim Malabar

Tim Malabar, pemenang Imagine Cup Indonesia 2012 via GadgetGaul.com

Kampus : Institut Teknologi Telkom (ITT) dan Institut Teknologi Bandung (ITB)
Kategori : Software Design
Teknologi Yang Digunakan : Bing, Windows 7, Windows Azure, Windows Phone
Nama Proyek : Brainstat

Deskripsi : Brainstat adalah aplikasi untuk memantau kondisi pengemudi dengan menganalisis sinyal gelombang otaknya saat mengemudi. Hal ini dapat digunakan di semua moda transportasi.

Brainstat akan memberikan peringatan jika kondisi pengemudi kurang baik saat mengemudi, lalu Brainstat juga akan memberikan saran untuk pengemudi dan penumpang untuk mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah kecelakaan transportasi karena kelalaian manusia.

Brainstat juga mengunggah data gelombang otak pengemudi ke sistem awan (cloud) seperti kotak hitam di pesawat. Data ini di awan (cloud) sangat penting untuk dipetakan, sehingga pemerintah atau pemilik angkutan umum dapat setiap saat mengevaluasi pengemudi mereka / kondisi pilot. Mengapa sinyal gelombang otak? Karena semua kegiatan kita dikelola oleh otak dan dia tidak pernah berbohong.

Salah satu bentuk dukungan yang dapat kita berikan kepada tim Indonesia yang akan berkompetisi di Imagine Cup 2012 tingkat global di kota Sydney, Australia pada bulan Juli 2012 nanti adalah dengan memberikan suara  kita (vote) untuk People’s Choice Award di sini sekarang.

foto via tekno.kompas.comArtikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.