Gadgeteers ingat tidak tagline Nokia dulu: ‘connecting people’. Ya, tujuan awal inovasi handphone – dan kini smartphone – tentunya adalah memudahkan kita menghubungi orang lain di mana pun mereka berada. Akan tetapi, jangan sampai karena keasyikan dengan gadget, kita melupakan kehadiran orang-orang yang ada di sebelah kita.

Akhir-akhir ini, tidak jarang saya menemukan pasangan yang duduk bersebelahan atau berhadapan tetapi tidak bercakap-cakap. Atau keluarga yang duduk bersama di sebuah rumah makan, tapi dari ayah, ibu, sampai anak-anak tidak saling mengobrol. Orang tua sibuk dengan smartphone, anak-anak main game di tablet.

Beberapa waktu lalu, seorang rekan kerja men-tag saya di sebuah posting video di Facebook. Begini pesannya: ‘Berani coba tantangan makan siang di luar tapi HP ditinggal di kantor?’ Pesan yang cukup menggelitik dan membuat kita merenungkan kembali kelekatan kita pada gadget. Sekali-kali, kita perlu juga ‘disconnect‘ dengan gadget untuk mengembalikan atensi kita pada orang-orang dan situasi di sekitar kita. Mungkin video ini bisa jadi reminder.

featured image via thesun.co.uk

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.