“Pada umur berapa sih Gadgeteers mulai memiliki gadget pribadi?” Mungkin pertayaan ini dapat membuat anda memutar kembali memori masa kecil anda. Momen yang sangat lucu bila diingat-ingat ketika kita merasa senang sewaktu mendapatkan gadget pertama. Bermain dengan gadget baru seharian penuh, terus menerus mengutak-ngutik gadget sampai akhirnya kita merasa bosan dan membeli gadget baru.

Namun, sadarkah anda jika saat ini anak-anak yang masih berusia dini pun sudah mulai diperkenalkan kepada gadget? Bahkan anak-anak kecil pun kini sudah memiliki gadget pribadinya. Apakah ada efek samping terhadap kehidupan sosialnya?

coolsmartphone dot com

Masa kecil adalah masa yang indah untuk mengenal dunia, untuk belajar berinteraksi secara langsung dan mengalami berbagai pertumbuhan. Berbagai interaksi face to face sangat dibutuhkan dalam perkembangan anak, sehingga nantinya, ia tidak mengalami kesulitan pada saat bersosialisasi dengan teman atau orang lain. Jika dari kecil manusia sudah terlalu banyak bergantung dengan gadget dan minim interaksi langsung, maka anak tersebut nantinya akan merasakan berbagai kendala dalam berinteraksi sosial.

Seperti yang telah diungkapkan oleh Dr Aric Sigman, anak dibawah umur 3 tahun sebaiknya tidak menyaksikan screenHal ini sebaiknya dihindari karena pada usia dini, anak-anak masih belum bisa membedakan antara dunia 2D pada gadget screen dan dunia nyata. Selain itu, layar gadget yang menampilkan berbagai elemen visual yang aktif dan menarik dapat memicu hormon Dopamin pada anak yang dapat menimbulkan kecanduan. Kecanduan ini sangatlah berbahaya, tentunya bisa menyebabkan seorang anak tumbuh menjadi anti sosial, dan tak bisa lepas dari gadget yang dimilikinya.

Berbagai kemudahan dan keasyikan dapat ditemukan dalam gadget. Namun, jika mengingat berbagai hal yang mungkin terjadi pada anak kecil disekitarmu, akankah kamu memberi akses penggunaan gadget secara bebas kepada anak di bawah umur?

hothardware dot com

Sumber gambar : coolsmartphone.com, hothardware.com, ivillage.ca

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
A dissident who searching for her Exodus • Drunken bouquet catcher w/ heels • Social Media Alienist @StellarNull