WhatsApp terus mencoba melakukan hal baru untuk mengukuhkan dominasinya di ranah mobile, khususnya percakapan instan. Setelah sukses besar dengan fitur Status-nya, kini WhatsApp dikabarkan segera merilis fitur pengiriman uang yang bernama WhatsApp Payments.

Menurut kabar yang berhembus, fitur WhatsApp Payments saat ini sedang diuji di India, itupun tidak tersedia untuk semua pengguna, namun hanya disediakan di versi beta baik platform Android ataupun iOS.

Meski menjadi sorotan, sejatinya fitur pembayaran di WhatsApp sudah membahana sejak awal Januari lalu. Berdasarkan informasi yang cukup bisa dipercaya, bahwa fitur pembayaran tersebut direncanakan untuk rilis pada bulan Februari ini, jika tidak ada halangan tentunya.

94289575

Untuk melakukan transaksi di dalam aplikasinya, WhatsApp mengadopsi sistem Unified Payments Interface atau UPI yang sudah berlaku di India. Dengan sistem ini, UPI akan memfasilitasi transaksi lintas bank yang tersedia di India. WhatsApp sendiri sudah mengantongi lampu hijau dari pemerintah India sejah tahun lalu. Saat ini, mereka hanya memerlukan sedikit waktu ekstra untuk mematangkan segalanya.

Sehingga kabarnya, WhatsApp baru bisa memfasilitasi pembayaran antar individu pengguna WhatsApp. Jadi, untuk saat ini fasilitas ini belum bisa digunakan untuk membayar merchant atau pihak ketiga. Tapi, skenario ke arah sana tampaknya bukan sesuatu yang mustahil. Ini bisa menjadi salah satu celah WhatsApp memperoleh pemasukan dari aplikasinya.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada kejelasan kapan fitur WhatsApp Payments akan digulirkan ke versi final dan tersedia untuk lebih banyak negara. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

via Digit.in
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.