Bayangkan Gadgeteers dapat membuka/mengunci pintu, menyalakan/mematikan TV, lampu dan peralatan rumah tangga lainnya hanya dengan menggerakan 1 jari di udara. Percaya atau tidak kemampuan ajaib tersebut mungkin akan terwujud dalam waktu yang tidak lama lagi. Perkenalkan Ring, wearable gadget berbentuk cincin yang dilengkapi dengan Bluetooth 4.0 dan WiFi untuk berkomunikasi dengan berbagai jenis perangkat lain termasuk dengan smartwatch dan Google Glass.

Ring mampu mengenali angka dan huruf yang digambar di udara sehingga penggunanya dapat mengirim SMS atau pesan aplikasi chat lainnya dengan cincin ini. Tidak menutup kemungkinan di kemudian hari Ring juga dapat Gadgeteers gunakan untuk membayar saat berbelanja di mall atau makan di restoran sehingga tidak perlu lagi membuat dompet penuh sesak dengan berbagai jenis kartu debit dan kredit.

Ring-Gestures-GG
Pembuat Ring adalah Takuro Yoshida, CEO LogBar, inc. beserta timnya yang menjadi pemenang pertama dalam kompetisi TechCrunch 2013 Startup Battle yang berlangsung di Tokyo, Jepang. Ring yang ada saat ini telah melalui 6 tahapan pengembangan sejak tahun 2013 silam. Kendati demikian hingga saat artikel ini ditulis, Ring belum dijual untuk umum. LogBar, inc. baru mengirimkan Ring pada Juli 2014 hanya kepada mereka yang telah melakukan pemesanan dan membayar.

Ring-Works-GG
LogBar, inc. membuka
application programming interface (API), menyediakan software development kit (SDK) dan menyediakan toko aplikasi Ring (Ring Store) sehingga nantinya para pengembang dari seluruh dunia dapat membuat aplikasi untuk Ring sesuai dengan kebutuhan atau kreativitas masing-masing. Setiap aplikasi pada Ring punya gerakan unik tersendiri dan Gadgeteers dapat mengedit gerakan tersebut sesuai keinginan dengan menghubungkannya pada ponsel atau tablet dengan sistem operasi iOS atau Android.

Ring-EditGesture-GG
1.000 pemesan pertama Ring di Kickstarter mendapatkan harga khusus US$145 dan 3.000 pemesan berikutnya mendapatkan harga khusus US$165. LogBar, inc. yang memiliki basis pengembangan di Tokyo dan California ini mematok harga normal Ring sebesar US$185 dan belum termasuk ongkos kirim US$15 untuk pengiriman keluar Amerika Serikat namun sayangnya hingga kini mereka baru melayani pengiriman Ring ke Eropa, Jepang dan Tiongkok.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.