Ponsel yang terendam air dapat menyebabkan terjadinya hubungan pendek dan karat pada komponen di dalamnya. Hubungan pendek dan karat pada komponen di dalam ponsel dapat menyebabkan terputusnya kontak sehingga circuit board ponsel otomatis menjadi tidak berfungsi. Kotoran-kotoran kecil pada air juga dapat menyebabkan tampilan gambar pada layar ponsel terganggu.

Secara umum kerusakan ponsel akibat terendam air dianggap sebagai kelalaian pengguna sehingga klaim garansi tidak dapat berlaku dan pengguna harus membayar untuk memperbaiki kerusakan ponsel akibat terendam air tersebut. Garansi ponsel hanya berlaku untuk kerusakan yang diakibatkan oleh cacat produksi dan hal-hal lainnya yang dijelaskan pada kartu garansi masing-masing ponsel.

Berikut langkah-langkah penyelamatan ponsel yang terendam air :

1) Segera Keluarkan Dari Dalam Air Tapi..
Ya iyalah, ponsel terendam air harus cepetan diangkat. Eits, tunggu dulu. Pastikan ponsel tersebut tidak sedang dicharge atau terhubung dengan colokan listrik. Jika iya, matikan terlebih dahulu aliran listrik yang terhubung tersebut baru mengambil ponsel dari dalam air. Setelah keluar dari dalam air, jangan langsung nyalakan ponsel.

2) Lepaskan Aksesoris dan Keluarkan Baterai, SIM Card & MicroSD
Setelah keluar dari dalam air, segera lepaskan semua aksesoris ponsel seperti earphone dan casing untuk mempermudah proses pengeringan ponsel. Jika memungkinkan, lepaskan baterai. Kebanyakan komponen elektronik dalam ponsel bisa selamat meskipun terkena air selama tidak ada aliran listrik dari baterai. Lepaskan juga MicroSD dan SIM Card dari dalam ponsel untuk mencegah korosi pada bagian yang terbuat dari metal yang dapat merusak fungsinya.

3) Keringkan Dengan Handuk & Vacuum Cleaner Khusus
Gunakan handuk untuk mengelap pelan-pelan guna mengeringkan sebanyak mungkin bagian ponsel yang dapat terjangkau. Upayakan agar posisi ponsel tidak berubah selagi dikeringkan supaya air di dalamnya tidak bergerak ke sana ke mari. Perhatikan juga handuk agar jangan sampai tersangkut di sela-sela permukaan ponsel.

Vacuum cleaner dapat kita gunakan untuk membantu keringkan ponsel yang terendam air. Namun perhatikan agar kita tidak gunakan pengering rambut atau alat apa pun yang sifatnya meniupkan angin untuk mengeringkan ponsel, meski disetel ke posisi “dingin”. Alat-alat tersebut dapat mendorong air dan kelembapan lebih ke dalam ponsel yang justru berpotensi memperparah kerusakan. Jangan juga mengarahkan corong vacuum cleaner terlalu dekat ke ponsel karena alat ini mampu menghasilkan listrik statis yang lebih berbahaya untuk ponsel dibandingkan dengan air.

4) Singkirkan Kelembapan Bagian Dalam Ponsel
Kelembapan bagian dalam ponsel mungkin tidak terjangkau dengan handuk dan vacuum cleaner. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan menaruh komponen ponsel dalam tumpukan beras kering di dalam wadah plastik yang tertutup rapat dan biarkan di sana semalaman. Apabila layar ponsel masih lembap, kita dapat membilasnya secara perlahan dengan larutan isoporpyl alchohol (IPA). Larutan alkohol yang satu ini memiliki kemampuan tidak menghantar arus, menyingkirkan kelembapan dan bersifat mudah serta cepat menguap.

5) Coba Nyalakan. Jika Gagal, Kunjungi Service Center
Setelah memastikan semua komponen dalam ponsel kering, coba nyalakan. Jika ponsel tetap tidak bisa nyala, segera kunjungi service center ponsel tersebut. Jika biaya perbaikan dan komponen pengganti terlalu mahal, mungkin saatnya mempertimbangkanuntuk membeli ponsel baru.

Tips ini mungkin akan menjadi tidak berguna di masa depan karena semua ponsel dirancang untuk mampu bertahan terendam dalam air seperti Sony Xperia Z dalam video ini :

featured image via freefeast.info

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.