Selamat Natal! Berapa kali Gadgeteers mendapat ucapan itu pada hari ini? Gadgeteers Kristen dan Katholik mungkin menerima belasan kalau bukan puluhan kali sejak kemarin malam hingga hari ini dari teman dan saudara melalui gadgetnya. Dari sekian banyak ucapan selamat Natal yang masuk tersebut, berapa di antaranya yang dapat Gadgeteers ingat dengan jelas?

Sejak semakin populernya SMS dan aplikasi chat berbasis text lainnya beberapa tahun silam, ritual mengirimkan ucapan Selamat Natal kepada teman dan saudara menjadi jauh lebih mudah, murah dan praktis dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya di mana gadgeteers harus mengirimkan kartu ucapan atau telepon. Saking praktisnya bahkan saat ini telah tersedia template ucapan Selamat Natal yang dapat Gadgeteers kopi-paste dan broadcast ke semua orang di daftar teman kita.

Dengan semakin praktisnya cara mengucapkan, tidak sedikit orang yang merasa ucapan Selamat Natal kini semakin kehilangan makna sebenarnya. Ucapan Selamat Natal yang dulu begitu berkesan kini tidak lebih hanya menjadi basa-basi sosial belaka. Jika Gadgeteers ingin ucapan Selamat Natal yang lebih berkesan dengan gadget cobalah tips berikut :

1) Ucapkan melalui telepon
Ketika banyak orang mengucapkan Selamat Natal melalui SMS atau aplikasi chat berbasis text lainnya, ucapan Selamat Natal yang kita sampaikan melalui telepon langsung terasa berbeda. Kini menghubungi teman atau saudara melalui telepon tidak lagi harus menggunakan pulsa telepon konvensional, kita dapat melakukan panggilan telepon menggunakan BBM Voice, LINE Call atau Kakao Talk Call dengan memanfaatkan koneksi WiFi. Jika memungkinkan, sampaikan ucapan Selamat Natal melalui panggilan telepon bervideo dengan Skype atau Facetime.

2) Rangkai kalimat ucapan sendiri
Jika karena satu-dua hal orang yang ingin kita ucapkan Selamat Natal tidak dapat menerima panggilan telepon, penyampaian ucapan melalui SMS atau aplikasi berbasis teks lainnya juga dapat dibuat berkesan bagi si penerima dengan menulis terlebih dahulu rangkaian kalimat ucapan yang ingin kita sampaikan. Kalimat ucapan Selamat Natal tersebut tidak perlu terlalu panjang, cukup 2-3 kalimat inti ucapan yang ingin kamu sampaikan kepadanya.

3) Hindari broadcast message
Setelah merangkai kalimat ucapan sendiri, sampaikan kalimat ucapan Selamat Natal yang sudah kamu buat itu satu per satu kepada si penerima tanpa menggunakan fitur broadcast message. Penerima tidak akan menduga jika kamu menyampaikan ucapan Selamat Natal yang sama kepada orang lain. Penambahan nama penerima pada kalimat ucapan Selamat Natal akan membuat ucapan kita terasa lebih menghargai bagi si penerima.

Tiga hal tersebut memang akan memakan waktu dan tenaga lebih bagi kita untuk mempersiapkan ucapan Selamat Natal dibandingkan dengan cara praktis yang dilakukan kebanyakan orang saat ini yaitu kopi-paste ucapan Selamat Natal orang lain lalu broadcast message ke seluruh teman dan saudara. Namun dengan memberikan ucapan Selamat Natal yang lebih berkesan maka kamu akan lebih mudah diingat oleh si penerima pesan. Selamat Natal, Gadgeteers! 😀

featured image via chopeh.deviantart.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.