Setiap tahun semua vendor gadget dunia selalu mengeluarkan produk baru terbaiknya dengan harga yang tidak murah untuk kebanyakan kita. Vendor gadget dunia terus menerus melakukan ini agar dapat bertahan menghadapi kerasnya persaingan di industri mereka yang sebenarnya bukan urusan kita. Namun kenyataannya kemunculan gadget-gadget keren itu seringkali terlalu menggoda iman untuk dicuekin begitu saja oleh sebagian besar dari kita.

Minggu lalu GadgetGaul telah menulis artikel prinsip keuangan dasar sebelum membeli gadget baru. Semoga Gadgeteers sudah membacanya ya. Jika belum, kliklah tautan itu sebelum melanjutkan membaca artikel ini. Kenapa? Karena jika kamu melakukan apa yang ditulis dalam artikel ini tanpa membaca dan mengerti artikel prinsip keuangan dasar sebelum membeli gadget baru itu malah akan merepotkan dirimu sendiri dan penerapan teknik pada artikel ini akan menjadi sia-sia.

Studi Kasus
Gadgeteers berpenghasilan tetap Rp3.000.000/bulan tanpa cicilan hutang apapun sebelumnya yang setelah bertapa di gunung selama 7 hari dan 7 malam yakin bahwa dia perlu membeli Samsung Galaxy Note II yang saat ini seharga Rp7.499.000. Bagaimana caranya?

Hal pertama yang harus dilakukan gadgeteers tersebut adalah memastikan bahwa dia tidak memiliki hutang atau semua hutang yang ada telah lunas. Keberadaan hutang saat mengimplementasikan langkah-langkah berikut dapat membebani keuangan pribadi selama beberapa bulan yang mungkin saja berakibat pada gagalnya si gadgeteers itu untuk memperoleh Samsung Galaxy Note II yang diperlukannya itu.

Setelah memastikan diri tidak memiliki hutang atau sudah melunasi semua hutang maka gadgeteers dapat mulai dengan langkah pertama yakni menyisihkan sebagian penghasilan segera setelah menerimanya sebelum ia mulai menggunakannya untuk keperluan rutin sehari-hari.

Berapa besar penghasilan yang harus disisihkan? Bebas dengan nilai maximal 30% penghasilannya. Anggap saja Gadgeteers ini hanya mampu menyisihkan Rp750.000/bulan atau 25% dari penghasilannya untuk tujuan ini.

Jika Gadgeteers tersebut konsisten menyisihkan Rp750.000/bulan maka dalam 10 bulan ia sudah dapat membeli sebuah Samsung Galaxy Note II seharga Rp7.499.000 yang ia butuhkan. Mengingat harga gadget yang cenderung turun maka besar kemungkinan Gadgeteers itu dapat membeli Samsung Galaxy Note II tersebut dengan harga yang lebih murah dari perkiraan harga awal. Selisih harga yang mungkin terjadi dapat Gadgeteers gunakan untuk membeli aksesoris Samsung Galaxy Note II.

Bagaimana kalau ternyata di bulan ke-7 atau 8, Samsung telah merilis Samsung Galaxy Note III yang lebih canggih dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note II? Beli saja Samsung Galaxy Note III itu. Berdasarkan pengamatan selama beberapa tahun, GadgetGaul mencermati bahwa hampir semua vendor gadget punya kecenderungan merilis generasi penerus gadget terbaiknya sama dengan harga yang kurang lebih sama dengan gadget terbaiknya tahun lalu atau jika harganya berbeda maka perbedaan harganya relatif tidak terlalu jauh.

Prinsip kerja yang sama tentu juga dapat digunakan untuk Gadgeteers beli Blackberry 10, iPhone 5, Lumia 920 atau gadget-gadget lainnya. Komitmen dan konsistensi adalah kunci keberhasilannya. Selamat mencoba!

Ada pertanyaan, Gadgeteers?

featured image via sheknows.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.