Sebuah bisnis online sejatinya sudah dapat kita jalankan hanya dengan mengandalkan sebuah komputer di rumah, sebuah ponsel dan koneksi internet. Ketika bisnis online kecil ini mulai berkembang, hal tersebut mungkin tidak lagi cukup. Kita butuh sebuah gadget yang bisa membantu produktivitas selama kita tidak berada di depan komputer dalam rumah. Gadget pertama yang terlintas di kepala kita untuk memenuhi kebutuhan tersebut pastilah laptop.

Perkembangan teknologi perangkat komputasi dalam 1 dasawarsa terakhir telah memungkinkan kita untuk memiliki alternatif laptop. Mereka adalah netbook, tablet, ultrabook dan convertible laptop. Mungkin sebagian dari kita telah akrab mendengar sebagian istilah tersebut dan sebagian lagi belum. Mari kita bedah satu per satu dan rekomendasi sebaiknya pilih yang mana jika dana yang kita miliki hanya cukup untuk membeli salah satu di antaranya?

Netbook-GadgetGaulgambar via hp.com

Netbook adalah istilah untuk laptop kecil dengan prosesor Intel Atom, berukuran layar maximal 10-Inch dan sebagian telah terinstall dengan Windows 7 Starter. Harga netbook berkisar antara Rp2jt-an (merek lokal) hingga Rp3jt-an (merek asing). Netbook dirancang hanya untuk pekerjaan-pekerjaan ringan seperti browsing internet, chatting dan menjalankan aplikasi office.

Tablet-GadgetGaul      gambar via zdnet.com

Sejak debut Apple iPad pertama kali pada April 2010, vendor gadget lain langsung berlomba-lomba memasarkan tablet. Dengan ukuran layar yang bervariasi mulai dari 7-Inch hingga 10-Inch, harga tablet saat ini pun bervariasi mulai tablet Android Rp600rb-an hingga iPad di harga Rp7jt-an. Tablet dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Survey terbaru menunjukan hingga kini lebih banyak orang yang memanfaatkannya tablet sebagai sarana hiburan dibandingkan dengan orang yang memanfaatkan tablet sebagai sarana produktivitas

Ultrabook-GadgetGaulgambar via trustedreviews.com

Setelah melenggang bebas tanpa saingan selama lebih dari 3 tahun, akhirnya MacBook Air mendapatkan persaingan dengan munculnya ultrabook yang dimotori oleh Intel dengan menggandeng para pembuat laptop terkenal dunia lain. Sebuah ultrabook lazimnya menggunakan solid state drive (SSD) sebagai media penyimpanan dengan performa yang lebih cepat dan lebih aman benturan tak terduga dibandingkan dengan hard disk konvensional, tidak memiliki optical drive (DVDRW) untuk membuatnya lebih tipis dan ringan serta ukuran layar normal laptop pada umumnya. Harga ultrabook saat ini berkisar antara Rp7jt s/d Rp11jt-an.

Convertible-Laptop-GadgetGagambar via digitaltrends.com

Convertible laptop muncul sebagai kategori baru perangkat komputasi bergerak di penghujung tahun 2012 berkat adanya pengintegrasian sistem operasi Windows 8 antara komputer desktop, laptop dan tablet. Konsep convertible laptop adalah pengguna dapat memiliki sebuah perangkat komputasi yang dapat menjadi tablet sekaligus laptop. Bekerja dan bermain cukup dengan sebuah perangkat. Sederhananya adalah dengan membuat layar laptop dapat diputar atau dilepas hingga kita dapat memegang perangkat tersebut layaknya tablet. Hingga tulisan ini dibuat, convertible laptop yang sudah beredar di Indonesia barulah Samsung dengan harga Rp9jt-an. Di luar negri tercatat Asus, Dell, HP dan Lenovo telah memasarkan convertible laptop mereka masing-masing yang mungkin baru akan masuk ke pasar Indonesia di kuartal pertama atau kedua tahun 2013 nanti.

Sebagai pelaku bisnis online yang baru mulai berkembang, kita wajib memaksimalkan setiap pengeluaran perusahaan agar setiap rupiah yang kita belanjakan untuk gadget benar-benar dapat membantu kita untuk menghasilkan rupiah selanjutnya. Mengingat harga gadget yang semakin hari cenderung turun, pembelian gadget baru sebaiknya kita bayarkan tunai. Gunakanlah kartu kredit untuk pembayaran gadget hanya jika ada potongan harga menarik yang ditawarkan.

featured image via webmd.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.