Bocoran tentang iPhone 5 mulai beredar bahkan sejak sehari setelah iPhone 4S rilis pada Oktober 2012 lalu dan mulai santer terdengar dalam 1 bulan terakhir. Keberadaan iPhone 5 ini dinilai publik menarik karena selain merupakan produk terakhir yang ditangani langsung oleh Steve Jobs sebelum meninggal, juga bocoran yang beredar bahwa desain iPhone kali ini akan sama sekali baru dibandingkan dengan desain iPhone sebelumnya. Inilah bocoran-bocoran iPhone 5 yang beredar :

1) Ukuran layar

iPhone 5 vs iPhone 4S via GadgetGaul.comKiri : Prototipe iPhone 5 | Kanan iPhone 4S (gambar via macrumors)

Ukuran layar iPhone 5 adalah 3.95-Inch atau 4.1-Inch dan membuat tampak lebih tinggi dibandingkan ukuran layar iPhone sebelumnya yang berukuran 3.5-Inch.

2) Dock Connector

Dock Connector iPhone 5 vs iPhone 4S via GadgetGaul.comgambar via imore

Dock Connector iPhone 5 menggunakan 19-pin atau lebih kecil dibandingkan ukuran dock connector iPhone sebelumnya yang berukuran 30-pin.

3) Jenis Kartu SIM

iPhone 5 Nano SIM via GadgetGaul.com

Jenis kartu SIM yang akan digunakan pada iPhone 5 adalah nano-SIM yang ukurannya lebih kecil dibandingkan iPhone sebelumnya yang menggunakan micro-SIM.

4) Kapasitas RAM

Kapasitas RAM yang ditanamkan di iPhone 5 adalah 1GB atau 2x lebih besar dibandingkan dengan kapasitas RAM yang ditanamkan pada iPhone sebelumnya.

5)  Jaringan Seluler

Sama seperti iPad baru, iPhone 5 akan mendukung jaringan 4G atau yang lebih dikenal dengan nama Long Term Evolution (LTE).

6)  Near Field Communication (NFC)

NFC sebagai salah satu standar teknologi komunikasi ponsel cerdas masa depan akan turut hadir pada iPhone 5 di mana salah satu potensi penerapannya adalah untuk keperluan pembayaran bergerak (mobile payment).

7)  Layar In-Cell

iPhone 5 In-Cell Display via GadgetGaul.comgambar via macrumors

iPhone 5 akan menggunakan teknologi layar baru bernama in-cell buatan Sharp dan LG yang diklaim lebih tipis hingga 15% atau 1.44mm dibandingkan dengan layar yang digunakan pada iPhone sebelumnya.

8)  Kamera

Kamera iPhone 5 by GadgetGaul.com

Kamera depan iPhone 5 akan memiliki resolusi HD dari resolusi VGA pada iPhone sebelumnya. Kamera belakang tidak akan mendapat peningkatan resolusi dari 8MP namun akan memiliki lensa f/2.2 yang lebih lebar dibandingkan lensa f/2.4 pada iPhone sebelumnya untuk mengurangi ketebalan modul kamera hingga 0.5mm dan memiliki ketajaman gambar lebih baik serta kualitas foto yang lebih baik pada lingkungan minim cahaya.

9)  Nama Domain iPhone 5

iPhone 5 Domain Whois via GadgetGaul.com

Apple telah mengambil alih kepemilikan nama domain iPhone5.com sejak bulan Mei 2012 lalu.  Hal ini mengindikasikan penggunaan nama iPhone 5 pada iPhone generasi berikutnya ini sudah hampir pasti.

10)  Tanggal pengumuman peluncuran iPhone 5

Tanggal pengumuman peluncuran iPhone 5 adalah 12 September 2012 bersamaan dengan peluncuran iPad Mini, iPod baru dan iOS 6 namun stok baru akan tersedia di pasar mulai 21 September 2012.

Perlu diketahui semua hal tersebut di atas adalah bocoran alias rumor alias gosip yang beredar hingga saat ini melalui sumber yang berdasarkan pengalaman sebelumnya cukup akurat namun belum menjadi fakta sebelum Apple mengumumkannya secara resmi nanti.

featured image via bgrArtikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.