Research In Motion (RIM) secara resmi mengumumkan sistem operasi generasi terbarunya pada Oktober 2011 dengan nama BBX yang mengkombinasikan kemampuan terbaik Blackberry dan QNX untuk menghubungkan antara manusia, perangkat, konten dan layanan. Hanya berselang beberapa minggu kemudian RIM terpaksa harus mengganti nama sistem operasi barunya karena pelanggaran hak cipta. BBX kemudian berganti nama menjadi Blackberry 10.

Perangkat Blackberry 10 pertama dijadwalkan rilis pada bulan Agustus 2012 namun pada bulan Juni 2012 RIM mengakui bahwa mereka tidak dapat meluncurkan Blackberry 10 seperti yang telah dijadwalkan sebelumnya karena pengintegrasian sejumlah fitur utama memakan waktu lebih lama dari yang diduga sebelumnya. RIM mengatakan mereka akan meluncurkan perangkat Blackberry 10 pertama pada tahun 2013 kuartal pertama.

Sejak saat itu RIM banyak mengadakan acara sambil membagikan gratis prototipe perangkat Blackbery 10 dan menjanjikan berbagai insentif kepada para pengembang aplikasi dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Strategi ini sukses meningkatkan jumlah aplikasi yang tersedia pada Blackberry 10 menjadi 70.000 buah hingga hari peluncurannya dalam waktu yang relatif singkat. Sebagai informasi, aplikasi Windows Phone hingga saat ini telah tersedia sejumlah 75.000 buah meski Windows Phone telah jauh lebih dahulu muncul dibandingkan dengan Blackberry 10. Meski aplikasi chat populer WhatsApp menyatakan tidak akan hadir pada Blackberry 10 namun kehadiran games populer Angry Birds Star Wars mampu menjadi salah satu daya tarik Blackberry 10.

Dikutip dari DetikINET, Joy Wahjudi, direktur marketing XL Axiata menyatakan bahwa mereka akan mulai memasarkan Blackberry 10 pada bulan Maret 2013. Sementara Division Head, Device Bundling & Customization Strategy Telkomsel, Arief Pradetya mengungkapkan bahwa perangkat Blackberry 10 akan dibanderol kurang lebih mirip dengan harga saat Samsung Galaxy SIII pertama kali diluncurkan di Indonesia beberapa bulan silam, yakni Rp6.999.000.

RIM akan menyiarkan secara langsung tayangan peluncuran Blackberry 10 malam ini (30/1) pada pukul 22.00 WIB. Untuk menonton siaran langsung peluncuran Blackberry 10 di komputer desktop/laptop, silakan klik di sini sementara untuk menonton di perangkat mobile, silakan klik di sini.

featured image via RapidBerry

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.