Awal Desember 2013 lalu Pemerintah Amerika Serikat telah mengumumkan persetujuannya terhadap rencana akuisisi Microsoft terhadap bisnis ponsel Nokia senilai US$7.2 milliar (sekitar Rp87 triliun). Oleh karena itu @GadgetGaul tidak terlalu memberikan perhatian serius terhadap munculnya bocoran ponsel Nokia dengan Android pada minggu pertama Januari 2014. Namun semakin hari, bocoran-bocoran tersebut semakin banyak dan bahkan hingga menyentuh Indonesia.

Gambar-gambar tampilan pengguna Ponsel Nokia dengan Android yang dikenal dengan nama proyek Normandy ini adalah bocoran yang pertama kali muncul pada minggu kedua Januari 2014. Tampilan pengguna Ponsel Nokia Normandy dibuat mirip dengan tampilan pengguna pada Windows Phone.

Nokia-Normandy-UI-GGgambar via @evleaks

Sekitar 1 minggu kemudian, muncul bocoran gambar Nokia Normandy lainnya yang menunjukan ponsel tersebut memiliki beberapa pilihan warna casing.

Nokia-Normandy-Casing-GGgambar via @evleaks

8 hari setelah itu Nokianesia berhasil mengungkap bahwa Nokia RM-980 (nomor seri Nokia Normandy) telah diajukan proses sertifikasinya ke Ditjen Postel Kementrian Komunikasi dan Informasi Indonesia oleh salah satu distributor resminya di Indonesia, PT Parastar Echorindo yang juga pemilik dari jaringan outlet retail SentraPonsel. Hanya berselang 1 hari kemudian, data proses sertifikasi yang tercantum pada situs Ditjen Postel itu hilang.

Nokia-Normandy-Postel-GGgambar via nokianesia

Keesokan harinya, akun Twitter @EVLeaks mengungkap sebuah pernyataan yang mungkin dapat diartikan Nokia berAndroid dengan nama proyek Normandy ini akan rilis di pasar dengan nama Nokia X.

Hari ini salah satu situs eCommerce gadget terbesar asal Vietnam, thegioididong.com, menampilkan spesifikasi Nokia Normandy dengan cukup lengkap sebagai berikut :

dual core 1GHz Snapdragon 200, 512MB RAM, 4GB storage, Adreno 302 GPU, 5MP rear camera with autofocus & HD video recording, WiFi b/g/n, Bluetooth, A-GPS, FM radio, up to 32GB microSD slot, microUSB, dual microSIM 3G HSDPA, 4-inch (480×854) display, Android 4.4 KitKat

Berdasarkan rumor yang beredar, Nokia akan meluncurkan Normandy pada acara Mobile World Congress (MWC) yang berlangsung di Barcelona, Spanyol pada akhir Februari 2014 mendatang. Konon Nokia mengincar segmen menengah ke bawah untuk memasarkan Normandy sehingga kemungkinan besar Nokia akan menjual Normandy tidak lebih dari US$150 (sekitar Rp1.8 juta).

Tertarik?Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.