Pada hari Selasa, 25 Maret 2014, Blackmagic Design (BMD) mengadakan seminar untuk memperkenalkan kamera baru mereka ke publik. Blackmagic Production Camera (BMPC), merupakan salah satu kamera yang berhasil menyita perhatian para sinematografer dengan kemampuannya merekam video dengan resolusi UltraHD (4K) dengan format CinemaDNG (RAW) dan dengan ukuran sensor besar standar industri perfilman, Super35.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tren 4K diyakini akan menjadi format yang akan menggantikan full HD di tahun-tahun mendatang. Dengan resolusi yang lebih besar 4 kali lipat daripada full HD, 4K diyakini bisa menyajikan konten yang lebih detail dan akan memanjakan mata konsumen. Permasalahan 4K sendiri saat ini ada pada konten yang kurang. Kamera-kamera yang mampu merekam dengan resolusi 4K masih relatif sedikit dan berharga mahal. Contohnya RED, salah satu kamera favorit Film-film besar Hollywood ini berharga sekitar US$40.000 (sekitar Rp455 juta).

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Blackmagic Design menjawab kebutuhan akan kamera 4K berkualitas baik ini dengan mengeluarkan BMPC. Kamera yang berharga sekitar US$4000 (sekitar Rp45.5 juta) ini memiliki fitur-fitur yang tak kalah dari kamera-kamera sinema lainnya. Kemampuan untuk merekam 4K RAW menjadi menjadi senjata utama BMPC selain ukuran sensornya. Dengan RAW para sinematografer akan mempunyai kontrol lebih di proses editing. Ukuran sensor besar Super35 sendiri juga merupakan jawaban BMD atas saran-saran para sinematografer yang sudah memakai kamera pertama buatan mereka (Blackmagic Cinema Camera).

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Satu hal menarik yang diselipkan oleh BMD adalah Fitur global shutter. Global shutter mengijinkan sinematografer untuk mengambil gambar dengan gerakan cepat tanpa takut terkena jelllo effect yang ada pada kamera-kamera video yang umumnya memakai sistem rolling-shutter. Sayangnya fitur global shutter di kamera bersensor besar ini hanya dimiliki kamera-kamera video high-end yang tentunya berharga di atas US$4000.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Jadi siapkan diri anda untuk konten-konten 4K, karena bisa diprediksi tahun depan akan semakin banyak perangkat yang bisa merekam video dengan resolusi 4K dan beberapa produsen TV sendiri menyatakan bahwa mereka akan membuat TV 4K yang lebih ekonomis.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Jey Nelson

A professional photographer and videographer specializes in wedding and event photo/videography. I enjoy technical stuffs, new gadgets, and technologies that would help us.

Latest posts by Jey Nelson (see all)