Semua orang yang menggunakan internet pasti mengenal Google. Bisa dibilang, Google adalah akar dari semua situs yang ada di internet, karena kebanyakan orang menggunakan Google sebagai halaman terdepan dalam browser mereka.

Tidak hanya tersohor sebagai search engine, Google juga menguasai banyak produk populer lainnya, seperti Gmail, Youtube, Android, dan lain-lain. Kehebatan Google di industri teknologi ini tidak lepas dari salah satu pendirinya, Larry Page. Berikut adalah sekelumit cerita biografi Larry Page, sang pendiri Google nan fenomenal.

20002

Lawrence “Larry” Page lahir pada tanggal 26 Maret 1973 di East Lansing, Michigan, Amerika Serikat. Keahlian Page dalam hal teknologi bisa dibilang sudah mendarah daging dalam keluarganya karena kedua orang tuanya, Carl Vincent Page dan Gloria Page, bekerja di bidang sistem komputer dan programming. Page bercerita kalau rumah di masa kecilnya selalu berantakan dengan komputer-komputer, majalah sains dan teknologi, dan majalah Popular Science yang berserakan. Dimulai dari situlah, Page mulai tertarik untuk mengikuti jejak orang tuanya.

Page menyelesaikan masa kuliahnya di University of Michigan untuk jurusan Ilmu Komputer. Semasa kuliah, ia membuat beberapa inovasi unik seperti menciptakan printer yang terbuat dari susunan Lego, menciptakan konsep transportasi dalam universitas dengan kendaraan yang mirip dengan monorail, dan mengembangkan business plan untuk perusahaan yang menggunakan software untuk menciptakan musik.

Salah satu loncatan terbesar dalam perjalanan Page untuk mendirikan Google datang saat ia berada di Standford University untuk mendapatkan gelar PhD. Page mengangkat sebuah tema yang berhubungan dengan sistem yang ada di World Wide Web. Sang supervisor, mendukung ide ini untuk dikembangkan lebih jauh.

Di tempat itu juga lah, Page bertemu dengan Sergey Brin, kompatriotnya dalam mendirikan Google. Page bekerja sama dengan Brin untuk menyelesaikan tulisannya yang diberi judul “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine” itu, yang menjadi salah satu dokumen ilmiah mengenai internet yang paling banyak diunduh hingga saat ini.

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

Berkat kepiawaian Page dalam mengembangkan business plan, kedua pasangan ini berhasil mendapatkan pinjaman sebesar $1 juta dari keluarga dan teman-temannya untuk memulai perusahaan baru yang diberi nama Google dan pindah ke wilayah Mountain View pada tahun 2000. Pada bulan Juni 2000, Google telah mencakup 1 miliar URL dan menjadikannya search engine paling komperhensif untuk saat itu bahkan sampai sekarang.

Karena jasanya yang sangat besar, Page mendapatkan Marconi Prize, sebuah penghargaan bagi tokoh yang berperan besar dalam kemajuan komunikasi. Saat ini Larry Page menjabat sebagai CEO dari Alphabet, yang merupakan perusahaan induk dari Google. Ayah dari 2 anak ini diperkirakan memiliki kekayaan bersih mencapai $38,3 miliar (Rp532 triliun). Itu dia cerita singkat biografi Larry Page dan bagaimana perjalanan panjangnya dalam membangun Google hingga menjadi raksasa penguasa internet sekarang ini.

via wikipedia.org

diedit oleh WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Seorang penggila teknologi yang menyukai 3D modelling dan motion graphic, diselingi dengan menulis dan membuat video.