Ketika Google merilis Nexus 7 pertama tahun 2012 silam, tablet ini langsung jadi incaran para penggemar Android tidak hanya di negri asalnya tapi juga di seluruh dunia termasuk Indonesia. Tablet hasil kerja sama Google dan Asus ini konon dirilis untuk menyaingi Amazon Kindle Fire sebagai tablet Android paling laku di Amerika Serikat mengalahkan angka penjualan Samsung Galaxy Tab pada saat itu.

Tidak lama sejak Google memperkenalkannya, kepopuleran Nexus 7 terus meroket berkat spesifikasi teknis tinggi yang dibanderol dengan harga sangat murah. Skor benchmark tablet ini bahkan mampu menyaingi Samsung Galaxy S III, ponsel terbaik Samsung saat itu yang dipasarkan dengan harga sekitar 2x lipat Nexus 7.

iSuppli pada Juli 2012 melaporkan harga komponen dan biaya produksi Nexus 7 hanya terpaut kurang dari US$40 (Sekitar Rp400.000) dari harga jualnya. Sebagai perbandingan, iSuppli juga merilis selisih harga jual Apple iPad Mini dengan harga komponen dan biaya produksinya (baca : profit margin) mencapai US$131 (Sekitar Rp1.3 juta).

24 Juli 2012, Nexus 7 pertama pensiun saat Google mengumumkan rilis Nexus 7 generasi kedua. Apa saja bedanya? Inilah dia..

Beda-Nexus-7-2013-2012-GG Spek-Nexus-7-2013-2012-GG

Tablet Nexus 7 terbaru ini akan mulai tersedia tanggal 30 Juli 2013 di toko-toko ritel Amerika Serikat & Google Play. Negara-negara lain seperti Inggris, Jerman, Jepang, Kanada, Spanyol, Perancis, Australia dan Korea Selatan akan mendapatkan Nexus 7 baru dalam beberapa minggu ke depan. Indonesia? Sabar yah..

image via try2enter.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.