Hai gadgeteers! Bagi Anda pecinta ngobrol melalui smartphone, kabar gembira telah hadir untuk Anda. Blackberry Messenger akan dapat Anda nikmati di smartphone Android mulai Sabtu (21/9) pukul 18.00 WIB dan di iPhone mulai Minggu (22/9) pukul 00.01 WIB. Anda dapat mengunduhnya langsung melalui smartphone Anda via Google Play Store ataupun Apple App Store secara gratis.

Selain itu, Anda juga dapat mengunduhnya melalui situs resmi Blackberry Messenger di www.bbm.com. Wah, sepertinya semakin banyak ya aplikasi chatting yang bisa dipilih untuk ngobrol sama teman-teman! Lalu, apa saja sih kelebihan dari Blackberry Messenger ini

  • BBM Chat: Anda dapat menikmati percakapan secara langsung dengan teman-teman Anda pengguna Android, iPhone, dan BlackBerry. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengirim file seperti dokumen, foto, maupun voice notes secara instan. BBM juga akan memberi tahu Anda ketika pesan yang Anda kirimkan telah terkirim dan dibaca oleh si penerima, serta jika si penerima akan membalas pesan Anda.
  • BBM Group: Anda dapat menikmati percakapan secara beramai-ramai hingga 30 orang. Fitur Broadcast Message, yakni fitur yang biasanya paling dibenci oleh pengguna BBM sebelumnya juga hadir untuk BBM For Android dan iPhone. Siap-siap kena serangan BM ya :p
  • Update Status: Sama seperti BBM pada BlackBerry, Anda juga dapat melakukan update status via personal messagemengganti profile picture, dan hal-hal tersebut dapat dilihat secara langsung oleh teman-teman Anda.
  • Unique PIN: Inilah mungkin yang menjadi keunggulan BBM. Dengan menggunakan PIN, Anda tidak perlu memberikan nomor telepon ataupun e-mail kepada teman-teman Anda yang mungkin baru dikenal. Cocok buat gadgeteers yang pemalu dan introvert 😀

Bagaimana dengan sistem pembayarannya? Apakah menggunakan paket khusus seperti BBM pada handset BlackBerry? Tenang saja, layanan BBM pada Android dan iPhone sama seperti layanan BBM pada BlackBerry OS 10. Anda cukup berlangganan paket data yang disediakan oleh operator kesayangan Anda. Tidak perlu repot-repot daftar paket BlackBerry yang bikin cekak kantong itu.

Untuk menggunakan BBM pada Android, pastikan sistem operasi perangkat Androidmu minimal sudah versi 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) atau lebih baru. Sementara BBM pada iPhone dapat digunakan oleh perangkat dengan iOS minimal versi 6 atau lebih baru.

Menurut penulis, BBM ini akan menjadi salah satu lawan yang cukup sengit untuk dihadapi oleh aplikasi chatting lainnya seperti Whatsapp, Line, KakaoTalk, maupun WeChat, karena kepopuleran handset BlackBerry di Indonesia yang masih cukup dominan. Namun jika melihat pada fitur-fitur yang ditawarkan, sepertinya tidak ada yang begitu menarik. Apalagi tidak ada downloadable content  seperti sticker dan games yang ada di Line dan KakaoTalk.

Lalu bagaimana nasib smartphone BlackBerry setelah adanya BBM For Android dan iPhone? Karena sudah menjadi rahasia umum jika BBM adalah satu-satunya senjata utama untuk menarik minat para pengguna smartphone BlackBerry. Namun jika BBM sekarang dapat dinikmati di beberapa platform, ekslusifitas dari smartphone BlackBerry itu sendiri akan menjadi hilang. Padahal menurut rumor yang beredar, BlackBerry sudah siap untuk meluncurkan smartphone penerus dari Z10, yakni BlackBerry Z30. Apakah Z30 akan mengikuti nasib kakaknya yang bisa dibilang tidak laku dan mengalami penurunan harga besar-besaran? Sepertinya perusahaan asal Kanada tersebut memiliki pekerjaan rumah yang sangat banyak mengingat senjata utama mereka akan ekslusifitas BBM sudah tidak ada.

Kemaren @Gadgetgaul tanya, “Kalo nanti uda ada BBM di Android & iPhone, Gadgeteers yang sebelumnya biasa pake Blackberry rencana gimana?” Inilah beberapa jawaban yang telah masuk :

 

 

 

 

 

Gambar via reviews.cnet.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr