Mobilitas yang tinggi menjadi salah satu alasan mengapa kita menjadi sulit untuk melepas gadget yang kita miliki saat ini. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan membawa gadget kemanapun kita pergi, baik untuk bekerja, untuk berkomunikasi dan juga untuk sekedar mencari hiburan. Apalagi pada saat kita sedang terjebak kemacetan dalam perjalanan ke tempat tujuan. Biasanya kita akan memutar lagu kesukaan kita melalui gadget kesayangan dengan menggunakan earphone untuk mengatasi kejenuhan.

Namun apakah Gadgeteers tahu bahwa mendengarkan musik dengan earphone dengan keadaan bising di sekitarmu adalah hal yang berbahaya? Bising itu sendiri adalah suara-suara berisik dan keras yang tidak diinginkan. Tingkat kebisingan yang terjadi disekitarmu dapat mempengaruhi seberapa besar volume yang akan kamu setting pada pemutar musik. Semakin bising area disekitarmu, maka semakin tinggi pula volume yang kamu set pada pemutar musik di gadgetmu. Hal itu secara otomatis kamu lakukan karena kamu tidak ingin mendengar suara mengganggu di sekitarmu terdengar bersamaan dengan musik kesukaanmu, kan?

Hal yang membahayakan adalah, jika kejadian ini berlangsung secara terus menerus dan dilakukan secara rutin setiap harinya, fungsi indera pendengaranmu bisa menurun lebih cepat dari seharusnya. Pada umumnya, manusia mendengar dengan tingkat kebisingan 20 dB-45 dB. Namun batas maksimum paparan kebisingan yang bisa diterima manusia adalah 85 dB selama 8 jam per harinya. Ada banyak tempat yang sangat bising yang tidak Gadgeteers sadari seperti di jalan raya dan mall.

Jika Gadgeteers terus menerus berada di tempat yang bising seperti itu, pendengaranmu bisa terganggu dan mengalami penurunan lebih cepat tanpa kamu sadari. Selain itu, berbagai gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan stress juga dapat menyerang Gadgeteers tanpa disadari. Bukan hanya itu, gangguan  mental, insomnia, bahkan tuli bisa jadi menyerangmu juga.

LINE-Tools-Sound-Level-GG
Selain itu, earphone yang Gadgeteers gunakan pada saat mendengarkan musik memiliki tingkat kebisingan sebesar 90 dB bahkan bisa lebih. Semakin besar volume yang disetting pada pemutar musiknya, maka akan semakin tinggi pula tingkat kebisingannya. Jika dengan tingkat kebisingan 85 dB kita terpapar  maksimal 8 jam per hari, maka dengan tingkat kebisingan 90 dB kita hanya boleh terpapar kebisingan tersebut maksimal selama 3 jam per harinya.

Audio Level Monitor yang ada pada LINE Tools tentunya bisa menjadi salah satu aplikasi andalan Gadgeteers untuk memantau tingkat kebisingan pada area disekitarmu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengetahui berapa desibel suara disekitarmu dan jenis suara apa saja yang ditangkap oleh gadgetmu. Jadi ada baiknya jika Gadgeteers menggunakan aplikasi ini setiap kali kamu masuk kedalam suatu ruangan dan juga sebelum mendengarkan musik melalui earphone.

Jika Gadgeteers berada di ruangan yang sangat bising, kamu bisa menggunakan earphone  untuk melidungi telingamu, namun jangan sambil mendengarkan musik, yah! Jadikan earphone  sebagai pelindung telinga tanpa menancapkannya terlalu dalam. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi intensitas penggunaan earphone untuk mendangarkan musik (sekitar 1 sampai 1.5 jam per harinya) dan juga mendengarkan musik pada volume yang ramah untuk telinga (dibawah 50% dari volume slider pada pemutar musik).

Berminat untuk mencoba aplikasi ini? Download untuk iOS dan Android disini.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
A dissident who searching for her Exodus • Drunken bouquet catcher w/ heels • Social Media Alienist @StellarNull