Gadgeteers penggila media sosial? Jika ya, pastinya Gadgeteers adalah orang yang sering berkicau di Twitter. Memang asyik berkelana menyusuri lini masa yang ada. Selain berinteraksi dengan teman, Twitter seringkali digunakan untuk berjualan ataupun sekedar kepo sama gebetan (eh?!). Nah, berdasarkan pengamatan penulis, masih banyak pengguna Android yang menggunakan aplikasi resmi Twitter for Android. Padahal, banyak sekali aplikasi Twitter pihak ketiga yang (mungkin) lebih keren dengan segudang fitur yang bermanfaat. Penulis sudah merangkum beberapa diantaranya yang menurut penilaian penulis layak dijadikan pengganti Twitter for Android.

1. Tweetcaster for Android

tweetcaster

Aplikasi ini termasuk yang paling terkenal di Play Store. Memiliki segudang fitur, Tweetcaster dapat memperkaya pengalaman kita menjelajah dan berkicau di lini masa. Salah satu fitur menariknya adalah “zip it” yang berguna untuk menghilangkan tweet sebuah akun ataupun sebuah “kata” yang kita tidak senangi di lini masa tanpa perlu meng-unfollow akun tersebut. Ada juga “search party”, yakni melakukan pencarian hanya di lini masa kamu sendiri sehingga hasil pencarian lebih akurat dibandingkan mencari di seluruh Twitter.

Lalu ada “my stats”, dengan fitur ini kamu bisa mengetahui siapa akun yang memiliki retweet terbanyak, mention terbanyak, dan favorit terbanyak.  Tweetcaster pun mendukung multi account, sehingga Gadgeteers lebih mudah untuk me-manage beberapa akun jika Gadgeteers memiliki lebih dari satu akun. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Play Store. Ada juga versi berbayarnya seharga US$4.99 (Sekitar Rp49.000)  yang memiliki embel-embel PRO di belakangnya dengan kelebihan bebas dari iklan yang biasanya cukup mengganggu.

2. Falcon Pro (for Twitter)

falcon pro

Jika Gadgeteers suka dengan tampilan lini masa yang modern dan keren, Falcon Pro adalah jawabannya. Aplikasi Twitter pihak ketiga favorit penulis ini memiliki fitur yang mirip dengan Tweetcaster, namun dengan tampilan yang lebih apik. Salah satu yang menarik adalah “picture thumbnail”, di mana kita dapat melihat preview sebagian gambar di lini masa kita tanpa perlu membuka link gambar tersebut.

Aplikasi ini pun memiliki peramban internet bawaan, sehingga ketika kita membuka sebuah tautan, kita dapat membukanya di dalam lini masa tanpa perlu keluar ke aplikasperamban lain. Hal yang membuat beda aplikasi Twitter ini dengan yang lain adalah tampilannya yang modern dan dapat diatur sesuai dengan keinginan kita. Aplikasi ini berbayar dan Gadgeteers dapat mengunduhnya dengan harga yang tidak terlalu mahal, hanya US$ 1.86 (Sekitar Rp18.000)

3. Tweedle (for Twitter)

tweedle

Belum bisa move on dari Twitter for Android? Jangan khawatir! Tweedle hadir untuk Gadgeteers. Ya, aplikasi yang terbilang memiliki usia yang cukup muda ini memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi Twitter for Android. Sederhana dan ringan adalah kekuatan utama dari aplikasi ini. Jika Gadgeteers tidak membutuhkan segudang fitur yang ada di Tweetcaster ataupun Falcon Pro, Tweedle bisa dijadikan pilihan yang menarik. Walaupun terlihat sederhana, tampilan di Tweedle juga bisa kita atur sesuai dengan yang kita inginkan. Dan bagian terbaiknya adalah, Gadgeteers dapat mengunduhnya secara gratis di Play Store.

Sumber gambar: twitter.com & play.google.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr